Unik! Inilah Pakaian Militer Dari Berbagai Negara di Dunia

Siapa bilang kalau pakaian militer yang digunakan para tentara harus selalu berwarna gelap dengan corak loreng-loreng? Beberapa negara di penjuru dunia ini ternyata justru memiliki pakaian militer yang unik dan nyentrik, loh! Penasaran pakaian militer negara mana saja itu? Berikut informasinya.

Trooping the Color Militer Inggris

Source: www.pinterest.com

Source: www.pinterest.com

Pakaian militer yang satu ini sangat khas dan identik dengan Inggris. Pasalnya, seragam ini memang menjadi pakaian resmi untuk digunakan seluruh resimen Inggris raya beserta pasukan dari negara persemakmurannya. Menariknya, Trooping the Colour ini sudah digunakan sejak abad ke-17. Terdiri dari warna merah yang mencolok serta topi panjangnya yang berbulu. Kini Trooping the Colour hanya digunakan pada acara resmi kenegaraan kerajaan Inggris dan petugas jaga di istana negara Buckingham.

Sappers Militer Perancis

Source: www.washingtonpost.com

Source: www.washingtonpost.com

Pada umumnya seragam militer Perancis tidak jauh berbeda dari seragam militer dunia kebanyakan, namun ketika sedang merayakan Bastille Day militer Perancis menggunakan seragam khusus yang mempunyai nilai sejarah. Dulunya seragam militer yang bernama Sapeurs atau Sappers ini digunakan oleh tentara yang bertugas untuk menyusup dan menggali parit di barisan depan agar dapat dengan mudah mengalahkan musuh. Bentuk dari pakaian ini terlihat seperti celemek yang terbuat dari kulit apron dengan topi warna putih dan kapak yang cukup besar.

Swiss Guard of the Vatican

Source: www.telegraph.co.uk

Source: www.telegraph.co.uk

Meskipun Vatican adalah sebuah negara kecil yang berada dalam wilayah Italia, negara ini memiliki pasukan militer yang terbilang cukup kuat. Diberi seragam dengan nama Swiss Guard of the Vatican. Pasukan militer ini dapat dikenali dengan hanya melihat pakaiannya yang berwarna oranye dengan paduan biru tua, serta topi baret berwarna gelap.

Foustanella Militer Yunani

Source: www.fitinline.com

Source: www.fitinline.com

Foustanella adalah nama pasukan militer di negara Yunani. Pasukan ini selalu menggunakan seragam tradisional yang kerap digunakan oleh beberapa negara di semenanjung Balkan. Pakaian militer tradisional ini menggunakan atasan yang lebar menggelembung, vest, topi baret dengan serabut tali pada bagian tengahnya serta sepatu yang pada bagian ujungnya terdapat bulu-bulu. Unik banget, kan?

Gugunbok Militer Korea Selatan

Source: www.huffpost.com

Source: www.huffpost.com

Nah, Korea Selatan juga mempunyai pakaian militer tradisional yang diberi nama Gugunbok. Pakaian ini terdiri dari Dongdali atau jubah satin dengan lengan merah dan kerah lurus yang disebut Jikreyong, Jeondae atau selempang serta Jeonrip atau topi bertepi lebar. Pakaian ini digunakan pada dinasti Joseon, namun sejak tahun 1897 Gugunbok hanya digunakan saat pelaksanaan upacara resmi kenegaraan saja.

Comments

comments

David Ritsma
[email protected]