Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Untuk Kerabat yang Merayakan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keaneka ragaman suku dan budaya. Tak terkecuali etnis Tionghoa. Bahkan, menurut sensus penduduk di tahun 2000-an, jumlah penduduk Indonesia yang merupakan keturunan Tionghoa berjumlah antara kisaran 4% – 5% dari seluruh jumlah populasi Indonesia.

Seperti yang kita tahu, beberapa hari lagi masyarakat Tionghoa akan menyambut tahun baru Imlek yang berdasarkan pada perhitungan kalender Cina. Kamu yang bukan merupakan masyarakat Tionghoa pun tak ada salahnya untuk memberi ucapan. Masih bingung apa yang harus diucapkan? Inilah beberapa ucapan selamat tahun baru Imlek yang bisa kamu berikan kepada teman atau kerabat di sekitarmu yang merayakan Imlek.

Gong Xi Fa Cai

Kalimat yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, kan? Gong Xi Fa Cai adalah kalimat yang paling banyak diberikan untuk memberi ucapan selamat tahun baru Imlek. Namun, kalimat tersebut sebenarnya memiliki arti “Selamat dan Sejahtera (makmur)”.

Wan Se Ru Yi, Sen Thi Cien Khang

Arti dari ucapan tersebut adalah “semoga senantiasa diberi kesehatan, damai sejahtera dalam rumah tangga dan kesuksesan.” Perlu diingat kalau  ucapan yang satu ini hanya bisa diucapkan kepada kerabat yang sudah berkeluarga ya, karena ada kata-kata rumah tangga di dalamnya.

Da Ji Da Li

“Semoga mendapat berkah dan keberuntungan” adalah arti dari kalimat ini. Pada umunya, di dalam budaya Tionghoa, kata-kata berkah dan keberuntungan itu sangat lekat dengan kehidupan mereka.

Wan Shi Ru Yi

Buat kamu yang memiliki kerabat etnis Tionghoa dan sedang berusaha untuk menyelesaikan studinya maka kalimat ini adalah ucapan selamat tahun baru Imlek yang tepat. Arti dari kalimat ini adalah “semoga keinginan terpenuhi”.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, macam-macam ucapan selamat tahun baru Imlek yang bisa disampaikan. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kamu semua, ya!

Comments

comments

Ihyak Yayak
yayak.picodio@gmail.com