Tiru Pinterest, Instagram Hadirkan Fitur Collections di Versi Terbarunya

Dalam beberapa waktu terakhir, Instagram banyak menghadirkan pembaharuan berupa fitur-fitur baru yang serupa dengan Snapchat melalui Stories. Menariknya, fitur tersebut justru lebih populer dibandingkan aslinya. Tak heran jika sejauh ini Instagram telah mendapatkan banyak keuntungan dari strategi ‘meniru’ itu.

Belum puas menyontek fitur Snapchat, kali ini Instagram memperkenalkan fitur baru bernama Collections pada versi terbaru baik untuk iOS maupun Android. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menambahkan postingan secara langsung ke koleksi baru dan dapat langsung mengolahnya dengan postingan lain pada satu himpunan.

Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Penggunaan Fitur Collections Instagram

Source: www.dailysocial.id

Source: www.dailysocial.id

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, fitur Collections memungkinkan pengguna Instagram untuk mengelola postingan gambar yang ingin disimpan. Untuk menyimpan gambar-gambar tersebut langsung ke dalam suatu koleksi, pengguna cukup mengetuk dan menahan ikon bookmark di setiap gambar.

Selanjutnya, kamu bisa menemukan koleksi dalam tab gambar yang sudah disimpan pada profil pengguna. Koleksi tersebut bersifat privat, seperti halnya gambar yang telah disimpan biasanya. Hal inilah yang sedikit membedakan dengan fitur serupa yang ada pada Pinterest.

Terdapat pada Instagram Versi 10.17

Source: www.harpersbazaar.co.id

Source: www.harpersbazaar.co.id

Untuk menikmati kehadiran fitur Collections Instagram, terlebih dulu pastikan bahwa kamu sudah mengupdate aplikasi tersebut ke versi 10.17. Bagi pengguna Android bisa langsung update di Playstore, sedangkan pengguna iOS silahkan unduh pembaharuan di App Store.

Lengkap dengan Mode Offline

Source: www.phonedog.com

Source: www.phonedog.com

Fitur Collections Instagram ternyata hadir bersamaan dengan mode offline yang disebut-sebut akan semakin meningkatkan jumlah pengguna aplikasi berbagi foto dan video ini. Dilansir dari Engadget, pada mode offline atau tidak ada sambungan internet, pengguna masih bisa menjelajahi konten yang sebelumnya pernah mereka lihat ketika masih online.

Selain itu, pada mode ini pengguna juga bisa meninggalkan komentar, menyukai konten, menyimpan konten, atau berhenti mengikuti akun pengguna lain dimana semua itu akan diterapkan ketika sudah terhubung ke internet.

Jadi, tunggu apalagi? Segera perbarui aplikasi Instagram di gadgetmu. Simpan gambar sesuka hati dan kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memilih seluruh foto yang disimpan, karena foto-foto tersebut dapat dipisahkan ke berbagai kategori yang sesuai dengan tema.

Comments

comments

David Ritsma
david@picodio.com