Tips Aman dan Nyaman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Di Indonesia, mudik ke kampung halaman saat lebaran merupakan tradisi yang terus dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya. Hampir semua orang pergi berkunjung ke rumah saudara maupun kerabat yang lebih tua saat lebaran tiba. Sayangnya, momen mudik lebaran ini justru sering dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian di rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh para pemudik.

Nah, apabila kamu berencana untuk mudik saat lebaran nanti, sebaiknya perhatikan terlebih dulu keamanan rumah beserta harta benda yang akan ditinggalkan. Berikut ini merupakan 7 tips aman dan nyaman yang bisa kamu lakukan agar dapat merasa nyaman dan aman saat mudik lebaran nanti.

Pastikan Semua Akses Masuk ke Rumahmu Telah Terkunci

tips-mudik-kunci-pintu

Ketika akan mudik, terlebih dulu pastikan bahwa semua jalan masuk rumah telah terkunci rapat. Mulai dari pintu, jendela, pintu pagar, dan pintu-pintu lainnya. Jangan meninggalkan rumah dengan barang-barang berharga tergeletak dimana-mana, letakkan semua barang berharga pada tempat tertentu yang terjamin keamanannya. Kamu juga bisa menitipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik atau pihak keamanan yang akan berpatroli keliling kompleks selama musim mudik lebaran untuk memastikan keamanan rumah-rumah yang ditinggalkan oleh pemiliknya.

 

Matikan Kompor dan Sumber Listrik

tips-mudik-matikan-listrik

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik lebaran, matikan kompor dan sumber-sumber listrik yang ada di dalam rumah. Sebaiknya meninggalkan stop kontak dalam keadaan mati untuk menghindari arus pendek maupun hal-hal berbahaya lain yang tidak diinginkan. Apabila ada charger yang masih terhubung dengan listrik, sebaiknya mencabut charger tersebut untuk menghindari konsleting. Jangan lupa juga untuk mematikan seluruh peralatan elektronik seperti televisi, radio, kipas angin, AC dan lainnya sebelum meninggalkan rumah.

 

Letakkan Sandal dan Sepatu di Halaman Rumah

img_9052-min

Untuk mengecoh pencuri yang hendak membobol rumah kosong yang ditinggalkan mudik lebaran, sebaiknya membiarkan sandal dan sepatu tetap berada di halaman rumah. Hal tersebut bertujuan agar si pencuri mengira bahwa ada orang di dalam rumah sehingga membuatnya ragu untuk melakukan aksi kejahatannya.

 

Titipkan Binatang Peliharaanmu di Tempat Penitipan

penitipan-kucing_20170211_170123

Jika kamu memiliki binatang peliharaan di rumah, jangan ragu untuk menitipkan binatang kesayanganmu itu di tempat penitipan binatang. Jangan meninggalkan binatang peliharaan di rumah dalam waktu yang cukup lama sebab akan membahayakan keselamatan binatang itu sendiri. Sertakan pula makanan dan mainan kesukaannya agar selama di titipkan binatang peliharaanmu tidak mengalami stres.

 

Nyalakan Lampu Teras dan Halaman Rumah

indoor-768760_640

Meninggalkan rumah saat mudik lebaran bukan berarti membiarkan rumah dalam keadaan gelap gulita. Kamu bisa menyalakan lampu teras dan halaman rumah sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran dalam beberapa hari. Lampu teras dan halaman rumah yang dinyalakan juga dapat memudahkan tetangga dan pihak keamanan lebih mudah mengawasi rumahmu di malam hari.

 

Apakah kamu sudah siap melakukan perjalanan mudik lebaran? Semoga tips aman dan nyaman meninggalkan rumah saat mudik lebaran tadi dapat membantu kamu ya.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.