Tak Hanya Hari Ibu, Indonesia Juga Punya Hari Ayah Nasional

Hari Ibu sudah di depan mata, sudahkah kamu menyiapkan kado spesial untuk mama? Perayaan Hari Ibu identik dengan memanjakan mama, mulai dari membebaskannya dari pekerjaan rumah seperti memasak, pemberian hadiah, hingga makan bersama keluarga. Namun, perayaan ini pun sering memunculkan pertanyaan: bagaimana dengan Hari Ayah? Tahukah kamu jika Indonesia juga turut mempunyai Hari Ayah seperti negara lainnya? Ya! Indonesia pun mempunyai tanggal khusus untuk merayakan Hari Ayah.

Memang Hari Ayah tidak begitu dikenal di Indonesia. Mungkin hal ini karena Hari Ayah sendiri tidak mempunyai sejarah dan asal mula yang kompleks seperti Hari Ibu. Namun, sama halnya dengan ibu, ayah pun merupakan figur dalam keluarga yang berperan penting. Sebagai tulang punggung keluarga, ayah bertanggung jawab atas kelangsungan hidup ibu dan anak-anak. Tak sedikit waktu dan tenaga yang dikorbankan untuk memastikan keluarga dapat hidup layak.Sehingga tak heran pula jika Indonesia pun ikut merayakan Hari Ayah untuk menunjukkan rasa terima kasih dan kasih sayang terhadap figur ayah dalam keluarga.

Hari Ayah nasional diperingati tiap tanggal 12 November sejak 11 tahun lalu, dibawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tak seperti Hari Ibu yang diprakarsai oleh kaum wanita dan ibu sendiri, Hari Ayah tidak dicetuskan oleh kaum adam. Sebaliknya Hari Ayah nasional diprakarsai oleh kaum ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Perkumpulan ibu ini kemudian deklarasi Hari Ayah pada tanggal 12 November 2006 di Pendopo Gede Balaikota Solo.

Gress Raja sebagai ketua PPIP saat itu mengatakan bahwa Hari Ayah dideklarasikan karena figur ayah yang memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Ayah dan Ibu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Tak Hanya Hari Ibu, Indonesia Juga Punya Hari Ayah Nasional

Tak Hanya Hari Ibu, Indonesia Juga Punya Hari Ayah Nasional

Sama seperti Hari Ibu, Hari Ayah jatuh pada waktu yang berbeda-beda, begitu pula bentuk perayaannya. Namun, dapat dilihat bahwa kedua hari tersebut memang ada di berbagai penjuru dunia agar kita selalu ingat mama dan papa, mendedikasikan satu hari dalam satu tahun untuk menunjukkan cinta, kasih, dan sayang terhadap mereka.

Hari Ayah memang sudah terlewat, akan tetapi Hari Ibu masih di depan mata. Meskipun tanggal 22 Desember nantinya didedikasikan untuk mama, kamu yang belum merayakan Hari Ayah bulan lalu pun dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kasih sayangmu untuk papa. You are getting older and so are your parents. Don’t miss the opportunity to show that you are grateful to have them both in your life.