Tahukah Kamu Jika Pada 30 Mei 2016, Bumi dan Mars Akan Berdekatan?

Siapakah di antara kalian yang masih mengingat urutan planet dalam sistem tata surya kita?

Di dalam sistem tata surya, setiap planet masing-masing memiliki orbit, yaitu gerakan yang mengelilingi matahari. Planet tempat kita tinggal, Bumi, mengorbit Matahari dari jarak rata-rata 149,6 juta kilometer dalam satu tahun atau 365 hari. Nah, si planet merah yang merupakan tetangga dari Bumi, Mars, biasanya mengorbit Matahari dari jarak rata-rata 227,9 juta kilometer selama 687 hari.

Berdasarkan sumber dari lembaga luar angkasa Amerika Serikat, NASA, pada pergerakan orbital kali ini, Bumi dan Mars berada di sisi Matahari yang sama, seperti yang akan terjadi pada 30 Mei 2016 mendatang. Jika jarak terjauh antara Bumi dan Mars mencapai 401 juta kilometer, maka lusa jarak antara keduanya hanya mencapai 75,3 juta kilometer. Menurut lembaga luar angkasa Amerika Serikat, NASA, hal tersebut baru akan terulang lagi pada tahun 2287.

Nah, kamu tidak perlu merasa khawatir dengan peristiwa astronomi menarik itu. Meskipun berada saling berdekatan, namun Bumi dan Mars tidak akan saling bertabrakan, kok. Penasaran seperti apa penampakan susunan Bumi, Mars, dan Matahari yang berada dalam satu garis itu? Kamu bisa melihatnya dengan menggunakan teropong besar yang ada di observatorium terdekat dengan tempat tinggalmu ya.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.