Tahukah Kamu Jika 6 Bunga Ini Bisa Dimakan?

Bunga selalu identik dengan keindahan maupun aroma wangi yang dimilikinya, tapi tahukah kamu jika ada beberapa bunga-bunga cantik di dunia yang bisa kamu makan? Penasaran, bukan, seperti apa rasa dari bunga-bunga tersebut? Yuk, kita cari tahu sama-sama.

Mawar

Hasil gambar untuk mawar

Tak hanya dijadikan sebagai rangkaian bunga untuk orang terkasih, bunga mawar termasuk salah satu bunga yang bisa dimakan. Bunga mawar yang ditumbuk bisa digunakan sebagai bumbu tambahan dalam saus untuk menambah rasa dan warna. Jika dikeringkan kelopak mawar dapat digunakan untuk bahan tambah pada teh, jeli, dan selai.

 

Melati

Hasil gambar untuk melati

Sudah bukan rahasia lagi jika bunga melati bisa dimakan. Bunga yang memiliki harum yang khas ini banyak ditambahkan untuk campuran aroma teh. Kamu dapat menggunakan bunga melati yang sehat dengan ciri daun berbentuk oval serta mengkilap, kelopaknya memiliki tekstur licin. Tidak hanya teh, bunga melati bisa juga digunakan untuk campuran makanan penutup yang terbuat dari susu seperti, puding dan agar-agar.

 

Bunga Sepatu

Hasil gambar untuk bunga sepatu

Bunga sepatu dapat dimakan dengan cara membuatnya sebagai bahan tambah dalam pembuatan teh. Bunga sepatu ini memiliki kandungan anthocyanin dan antioksidan sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak heran jika bunga ini diburu banyak orang.

 

Krisan

Hasil gambar untuk bunga krisan merah

Di dataran Cina, penduduk biasa menggunakan bunga krisan sebagai campuran teh karena bunga yang bisa dimakan ini memiliki kandungan anti-oksidan dan mineral yang tinggi. Sedangkan di Jepang, bunga krisan diolah dengan tepung tempura dan kemudian digoreng. Menariknya, di Korea bunga ini justru dicampur dalam makanan mereka dalam keadaan mentah.

 

Pansy

Hasil gambar untuk bunga pansy

Pansy (Viola Wittrockiana) adalah bunga cantik yang banyak ditemukan pada musim panas di daerah Eropa. Bunga ini bisa dimakan dan memiliki cita rasa yang manis sehingga cocok jika kamu menambahkannya dalam hidangan saladmu. Tak hanya itu, Pansy juga cocok untuk diolah menjadi sup yang lezat. Uniknya lagi kamu bisa menggunakan bunga ini untuk tambahan warna pada kue buatanmu.

 

Tulip

Hasil gambar untuk bunga tulip

Bunga cantik yang identik dengan negara Belanda ini memiliki kelopak yang rasanya seperti selada, kacang polong atau mentimun. Pada saat dikonsumsi biasanya bunga Tulip dikombinasikan dengan ikan tuna ataupun ditambahkan ke dalam kue mousse dan es krim.

 

Bagaimana tertarik mencoba bunga-bunga yang bisa dimakan tadi?

Comments

comments

Dyah Rinjani
inastwinda28@gmail.com