Selamat! Surabaya Resmi Menjadi Kota dengan Lalu Lintas Teraman di Indonesia

Indonesia Road Safety Awards (IRSA) resmi menetapkan Surabaya sebagai kota yang memiliki lalu lintas paling aman di Indonesia pada 6 Desember 2016 kemarin. Sejajar dengan lalu lintas di kota-kota besar lainnya, Surabaya adalah kota dengan jumlah penduduk di atas satu juta jiwa dengan sistem lalu lintas terbaik. Nah, buat kamu yang penasaran inilah alasan-alasan Surabaya memang pantas memperoleh penghargaan bergengsi tersebut!

Pembangunan 48 KM Trotoar

Source: www.jurnalindonesia.id

Source: www.jurnalindonesia.id

Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, sangat memegang teguh komitmennya untuk membangun kota Pahlawan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Terbukti, dengan banyaknya pembangunan yang dilakukan untuk mewujudkan cita-cita warga Surabaya sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur yang maju, sejahtera dan aman. Hingga saat ini tercatat sepanjang 48 kilometer trotoar sudah dibangun, selain untuk keamanan pejalan kaki fakta menariknya adalah trotoar tersebut juga dimanfaatkan sebagai long water storage dalam upaya mencegah banjir. Menariknya, Ibu Risma yang berlatar pendidikan arsitek itu pun merancang desain trotoar ini sehingga layak dijadikan sebagai street furniture.

Memiliki Jumlah Rambu Lalu Lintas Terbanyak

Source: www.youtube.com

Source: www.youtube.com

Tak hanya berkonsentrasi pada pembangunan trotoar, Surabaya juga memiliki jumlah lalu lintas terbanyak, yaitu sekitar 3.425 rambu lalu lintas. Rambu-rambu tersebut dibangun dan dipasang hampir pada tiap ruas jalan. Makanya, kamu yang berkunjung atau bahkan tinggal di Surabaya akan sering menemukan Pedestrian Cross Traffic Light di setiap penyeberangan jalan. Pasalnya, rambu yang akan berbunyi ‘tetot-tetot’ saat ada orang hendak menyeberang jalan itu memang sangat membantu meningkatkan keselamatan pejalan kaki di Surabaya.

Mengadakan Kampanye Keselamatan Berkendara

Source: www.dishub.surabaya.go.id

Source: www.dishub.surabaya.go.id

Membangun sebuah kota tak lengkap rasanya jika tidak diiringi dengan mengedukasi penduduk setempat akan pentingnya memperhatikan rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan keluarga yang disayangi. Pihak pemerintah kota Surabaya bekerja sama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) roda dua untuk memberikan kampanye hingga membangun sebuah learning centre sebagai pusat pembelajaran.

Wah, pantas saja Surabaya berhasil menyabet penghargaan sebagai kota dengan lalu lintas teraman di Indonesia! Kamu yang asli Surabaya patut berbangga dan terus mempertahankan prestasi ini, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.