Selamat Hari Kartini! 5 Sosok Wanita Indonesia Ini Buktikan Emansipasi Benar-Benar Nyata

Selamat Hari Kartini buat seluruh wanita Indonesia! Seperti yang sudah kita ketahui bahwa perjuangan R.A. Kartini akan hak-hak kaum hawa agar bisa memperoleh pendidikan layaknya laki-laki berbuah manis. Saat ini tidak ada lagi batasan bagi perempuan untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya, perempuan juga boleh bekerja, dan mendapatkan hak yang sama seperti laki-laki.

Tak heran jika kemudian muncul sosok-sosok wanita Indonesia yang kiprahnya sangat menginspirasi banyak orang. Penasaran siapa sajakah mereka? Inilah 5 sosok tersebut.

Nh. Dini, Sastrawan Berbakat Indonesia

Source: www.areamagz.com

Source: www.areamagz.com

Nh. Dini adalah sosok yang sangat menginspirasi banyak wanita di seluruh dunia. Ia lantang menyuarakan ketidakadilan yang dialami kaum perempuan melalui karya-karyanya. Beberapa karyanya yang populer hingga saat ini diantaranya Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Pertemuan Dua Hati (1986), hampir seluruh karyanya mengangkat tema tentang fenomena  perempuan yang selalu jadi korban atas ketidakadilan gender.

Ibu kandung Pierre Coffin (sutradara film animasi Minions) ini masih setia pada dunia kepenulisan dan memiliki sebuah pondok baca di Pondok Sekayu. Baginya, untuk menjadi pandai manusia harus rajin membaca. Keren banget, kan?

Susi Susanti, Pebulu Tangkis yang Harumkan Nama Indonesia

Source: www.krjogja.com

Source: www.krjogja.com

Wanita kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 ini merupakan pebulu tangkis asli Indonesia yang kiprahnya belum tertandingi hingga saat ini. Tak terhitung banyak kejuaraan bulu tangkis yang berhasil diraihnya, mulai piala All England, Piala Uber, Piala Sudirman, titel kejuaraan dunia, dan sederet kemenangan lainnya. Ia berhasil membuktikan bahwa di dalam dunia olahraga, wanita pun bisa berjaya.

Sri Mulyani, Wanita Sekaligus Orang Indonesia Pertama yang Menjabat Sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia

Source: www.tmpo.co

Source: www.tmpo.co

Siapa sih yang tidak mengenal sosok yang satu ini? Sri Mulyani adalah wanita kebanggan Indonesia yang pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 serta wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Kebanggan Indonesia

Source: www.detak.co

Source: www.detak.co

Sosok wanita inspiratif selanjutnya adalah Susi Pudjiastuti. Meski sempat tak melanjutkan pendidikan, ia sukses menjadi eksportir hasil-hasil perikanan yang cukup sukses. Tak heran jika kemudian Presiden Jokowi memilih wanita yang kerap tampil tomboy ini untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada kabinetnya.

Wanita berusia 52 tahun ini juga memiliki prestasi yang sangat membanggakan. Ia pernah meraih penghargaan dari APEC di tahun 2011 dalam kategori Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy. Selain itu, ia juga berhasil memperoleh penghargaan atas perannya dalam memajukan pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan, pelestarian alam laut, dan pemberantasan pencurian ikan dari WWF, 16 September 2016 silam.

Tri Rismaharini, Sosok Walikota Paling Inspiratif

Source: www.jakartasatu.co

Source: www.jakartasatu.co

Melalui pemilihan langsung, Tri Rismaharini menggantikan posisi Bambang D.H. sebagai Gubernur Jawa Timur selama dua periode berturut-turut. Kedisiplinan serta ketegasannya dalam memimpin Kota Surabaya membawa nama wanita 55 tahun ini berhasil dinobatkan sebagai Mayor of the Month atau wali kota terbaik di dunia pada tahun 2014 lalu.

Atas keberhasilannya membangun kembali citra kota Surabaya menjadi bersih dan hijau, serta prestasinya sebagai kepala daerah yang mengabdikan diri kepada rakyat, pada tanggal 13 Agustus 2015, Tri Rismaharini menerima anugerah tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo bersama 14 tokoh lain di Istana Negara, Jakarta.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.