Rendang Crispy yang Menyatukan Indonesia dan Malaysia

Rasanya jarang yang enggan makan rendang. Atau malah tidak ada sama sekali orang yang tidak doyan sama masakan daging ala Sumatera ini? Ditambah dengan fakta bahwa rendang dinobatkan sebagai masakan terenak sedunia oleh CNN Internasional, sepertinya tidak heran jika tak ada orang yang menolak ketika disuguhi rendang. Beberapa hari lalu media sosial ramai dengan topik menu unggulan restoran masakan Padang ini. Tak lain tak bukan, rendang katanya harus crispy! Emang ayam KFC!

Rendangnya Ga Crispy, Kata Juri MasterChef UK

Persoalan rendang crispy muncul karena seorang kontestan asal Malaysia tereliminasi dalam acara kontes masak di stasiun televisi BB1. Kontes masakan tersebut adalah MasterChef UK.

Kontestan Malaysia yang bernama Zaleha Kadir Olpin memilih hidangan nasi lemak sebagai pilihannya. Nasi lemak tersebut tak sekedar nasi lemak saja, namun juga ditemani dengan ikan asin, udang, telur dadar, dan rendang ayam. Saat kedua juri, yakni John Torode dan Gregg Wallace mencicipi masakan Zaleha, semuanya mendapakan penilaian yang positif, kecuali rendang ayamnya.

Mereka menilai bahwa ayamnya tertutup oleh bumbu dan kulitnya yang kurang “crispy”. Juri lain kemudian menimpali bahwa ayamnya pun kurang lembut karena memasaknya kurang lama. Nah, daging ayam gimana bisa dimasak rendang sampai lembut tapi kulitnya minta tetap crispy?

Zaleha pun terleminasi karena rendangnya yang kurang crispy. Ia pun tetap berpegang teguh untuk memasak rendang dengan cara tradisiona. Permintaan juri MasterChef UK ini pun dianggap absurd oleh warganet. Uniknya, bukan hanya warganet Malaysia. Namun juga warganet negara lain yang gemar makan rendang, termasuk Indonesia dan Singapura.

Yang Punya Rendang Ga Tau Cara Masak Rendang

Masing-masing negara di Asia Tenggara mempunyai versi rendang yang berbeda-beda. Rendang Indonesia tentunya tak sama dengan rendang Malaysia, begitu juga Singapura. Tapi, semuanya punya satu kesamaan, rendangnya tidak crispy!

Rendang crispykemudian menjadi perbincangan di media sosial. Rata-rata semua menghujat juri MasterChef UK. Mereka belum mengenal betul tradisi kuliner Asia Tenggara namun berani untuk mengkritiknya. Padahal, salah satu juri pernah berwisata kuliner di Malaysia. Seharusnya dia tau betul bahwa daging pada olahan rendang tidak ada yang crispy.

Bukan Daging tapi Lengkuas

Bukan Daging tapi Lengkuas

Reaksi warganet pun macam-macam. Ada yang menghujat, ada pula yang melucu, atau malah keduanya, menghujat sambil melucu.

Salah satu akun Facebook dengan nama Robertus Ronny memberikan komentar bahwa mungkin sang juri salah makan lengkuas, bukan daging ayamnya. Sehingga juri pun bilang kulit ayamnya harus krispi.

Ada pula yang berkomentar dengan sarkasme. “Terima kasih orang kulit putih sudah mengajari kita gimana cara masak masakan sendiri.”

Bahkan Menteri Luar Negeri juga tak tinggal diam, dengan mencuit di akun Twitternya, “Mana ada orang makan rendang ayam ‘crispy’?”

Krispi Itu Ayam KFC, Bukan Ayam Rendang

Rendang Rice Bucket

Rendang Rice Bucket

Tak hanya itu saja, ada pula yang melempar gambar menu KFC dengan rasa rendang. Ternyata KFC Singapura pernah meluncurkan menu rice bucket dengan rasa rendang, meski sekarang menu tersebut sepertinya sudah lagi tidak tersedia. “Mungkin juri pernah makan rendang yang satu ini. Makanya mereka minta rendang harus krispi”, tulis seseorang yang turut mengomentari gambar tersebut.

Topik trending ini ternyata juga tak luput dari tim marketing KFC. Halaman Facebook resmi KFC Malaysia memanfaatkan momen ini untuk memasarkan ayam krispinya, dengan memasang kata “bukan rendang” di atas ayam KFC.

Bersatu karena Rendang

Malaysia, Indonesia, dan Singapura Bersatu karena Rendang

Malaysia, Indonesia, dan Singapura Bersatu karena Rendang

Indonesia dan Malaysia memang memiliki banyak persamaan dalam kuliner, seperti Indonesia dengan nasi uduk dan Malaysia dengan nasi lemaknya. Sama halnya dengan rendang. Kedua negara ini sudah lama dalam “persaingan”. Juri MasterChef UK John Torode pun mencoba memanfaatkan fakta tersebut agar warganet lupa akan masalah rendang krispi dan berseteru tentang siapa yang menciptakan rendang, Indonesia atau Malaysia.

Rendang Krispi Sang Avatar

Rendang Krispi Sang Avatar

Torode membalas warganet yang mengkritiknya soal masalah ini dengan cuitan, “Mungkin rendang masakan Indonesia.” Tweet tersebut sekarang sudah dihapus, karena efek mengalihkan perhatian sama sekali tidak berhasil. Yang ada, Malaysia, Indonesia, hingga Singapura bersatu demi membela keabsahan rendang.

Gimana pendapatmu tentang rendang crispy?

Leave a Reply