Rahasia Popularitas Kopi Tonic Water: #coffeetonic

Belakangan kopi tonic water menjadi trending topic di beberapa media sosial. Terbukti, kamu akan dengan mudah menemukan ribuan gambar tentang minuman ini dengan menggunakan hastag #coffeetonic atau #espressotonic. Biar tidak penasaran, yuk cari tahu rahasia di balik popularitas kopi kekinian dan rasakan sensasi minum kopi yang berbeda dari biasanya.

Mengenal Tonic Water

mengenal kopi tonic water

Tonic water atau air tonik dalam bahasa Indonesia adalah minuman ringan berkarbonasi yang mengandung kina sehingga memiliki rasa yang agak pahit. Selain itu, tonic water juga mengandung gula atau sirup jagung, perasa alami, air berkarbonasi, natrium benzoat dan kina. Minuman bersoda ini mulanya dibuat untuk mengobati malaria. Namun, lambat laun tonic water juga dijadikan sebagai pencampur koktail dan jenis minuman lainnya.

Sensasi Rasa Kopi yang Berbeda

Source: www.youtube.com

Source: www.youtube.com

Jenis kopi ini konon diracik dan disajikan pertama kali oleh seorang coffee roaster asal Swedia, Koppi, beberapa tahun silam dengan nama Kaffe Tonic. Sebenarnya, kopi tonic water merupakan minuman yang terdiri atas 3 komposisi bahan yaitu, espresso, es batu, dan tonic water. Namun, cita rasa manis dengan sedikit asam dan pahit menciptakan keunikan yang tersendiri. Tak heran kalau rasa itulah yang menjadi daya tarik kopi tonic water.

Cara Membuat Kopi Tonic Water

Source: www.peacockplume.fr

Source: www.peacockplume.fr

Kamu tertarik ingin membuat kopi kekinian ini sendiri di rumah? Gampang banget! Pertama, masukkan 180ml tonic water dan es batu secukupnya ke dalam gelas. Kamu bisa menggunakan gelas plastik maupun tall glass ala-ala kafe populer. Kemudian tuang 56 ml espresso secara perlahan. Jangan terlalu tergesa-gesa saat menuang karena kopi justru akan tercampur dan meluap. Sebagai sentuhan akhir, kopi tonic water bisa diberi irisan jeruk lemon dan jeruk nipis. Cocok diminum saat siang hari sebagai penyegar tubuh.

Tips Penyajian

Source: www.stylist.co.uk

Source: www.stylist.co.uk

Sebelum membuat kopi tonic water, sangat dianjurkan agar kamu memilih tonic water dengan kualitas premium. Pasalnya, ada beberapa tonic water yang dijual di pasaran memiliki rasa pahit serta beraroma lemon terlalu tajam, nggak mau dong kopi yang seharusnya nikmat jadi rusak begitu saja karena kamu salah memilih tonic water? Selain itu, kamu juga disarankan untuk memilih jenis kopi yang tidak terlalu pahit agar serasi dengan rasa tonic water.

 

 

Kopi tonic water memang sedang naik daun di kalangan pecinta kopi seluruh dunia. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa apabila kamu memiliki gangguan asam lambung dan penyakit pencernaan lainnya tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi jenis ini. Kesehatan tetap lebih berharga daripada eksistensi kopi ini, bukan?

Tertarik mencoba kopi jenis terbaru ini? Coba aja datang ke kedai kopi atau kafe di sekitar tempat tinggalmu. Boleh juga untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Siapa tahu kamu berpeluang mendirikan coffee shop sendiri? Tren kopi tonic water bisa mendatangkan banyak keuntungan buat kamu.

Comments

comments

David Ritsma
david@picodio.com