Manfaat Puasa Tidak Sekedar Menahan Lapar dan Haus Aja, Lho! 6 Manfaat Ini Juga Bisa Kamu Dapat

Manfaat puasa untuk ternyata tidak hanya tentang melatih kesadaran diri untuk melakukan ibadah saja. Puasa bagi yang menjalankan pun sarat akan keuntungan-keuntunan yang baik untuk kondisi fisik dan psikis mereka. Nah, berikut ini adalah 6 manfaat puasa yang harus kamu tahu!

Saluran Pencernaan Lebih Sehat

Source: www.bukusekolah.org

Source: www.bukusekolah.org

Manfaat puasa untuk yang pertama adalah menyehatkan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan, selama berpuasa organ pencernaan dapat berisitirahat dalam beberapa jam setiap hari selama satu bulan penuh. Biasanya, pencernaan makanan di dalam tubuh berlangsung selama 8 jam, namun kondisi itu seringkali tidak tercapai sebab selang waktu makan satu dengan lainnya kurang dari 8 jam.

 

Regenerasi Sel-sel Tubuh

Source: www.biosend.id

Source: www.biosend.id

Saat berpuasa, tubuh  akan melakukan detoksifikasi sekaligus meregenerasi sel-sel tubuh. Semua zat yang tidak diperlukan tubuh termasuk racun, akan dikeluarkan. Sel-sel tubuh yang sudah tidak berfungsi pun akan diganti juga diremajakan kembali.

 

Kekebalan Tubuh Meningkat

Source: www.givitos.com

Source: www.givitos.com

Riset menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu. Saat menjalankan ibadah puasa, terjadi peningkatan kadar limfosit sepuluh kali lipat di dalam tubuh. Limfosit sendiri merupakan pusat kekebalan yang melindungi tubuh dari infeksi virus, serta membantu sel lainnya untuk melindungi dari infeksi bakteri dan jamur. Tak heran jika dengan berpuasa kekebalan tubuh pun akan meningkat, kamu tidak mudah jatuh sakit.

 

Mencegah Kegemukan

Source: www.mediaindonesia.com

Source: www.mediaindonesia.com

Manfaat puasa yang selanjutnya adalah mencegah kegemukan. Hal ini dikarenakan saat berpuasa pola makan kamu menjadi lebih teratur. Puasa juga membuatmu secara otomatis menghindari jajanan tidak sehat di siang hari. Dengan kata lain kamu bisa mencegah naiknya berat badan dengan berpuasa.

 

Melatih Diri Mengendalikan Emosi

Source: www.tanyakarir.com

Source: www.tanyakarir.com

Berpuasa tidak hanya bermanfaat untuk kondisi kesehatan tubuh. Saat kamu merasa haus dan lapar, maka harus tetap tenang dan sabar, untuk tidak makan dan minum. Dalam beraktivitas sehari-hari, kamu juga dilatih untuk menjaga ucapan, bersikap jujur dan sportif, tidak membicarakan orang lain, tidak berkata kasar, serta tidak menjelek-jelekan orang lain, meski saat itu kamu sedang marah dan kesal. Puasa juga mengajari kamu untuk selalu merasakan pengawasan Tuhan.

 

Memupuk Rasa Empati

Source: www.pusat.baznas.go.id

Source: www.pusat.baznas.go.id

Dengan menahan haus dan lapar, kamu secara tidak langsung akan memahami orang-orang di sekitar yang tidak bisa makan setiap hari. Rasa empati pun dengan sendirinya akan terbentuk. Alhasil, kamu tentu akan lebih menghargai makanan dan minuman yang disajikan di rumah dan tidak menyia-nyiakan rezeki begitu saja.

 

Nah, banyak juga ya manfaat puasa yang bisa kamu dapatkan. Oh ya, selain berkaitan dengan kesehatan fisik dan psikis, seperti disinggung sebelumnya puasa juga menjadi suplemen spiritual bagi yang menjalankannya. Puasa adalah perintah Sang Maha Kuasa dan wajib untuk ditaati. Selamat berpuasa!

Comments

comments

Ihyak Yayak
yayak.picodio@gmail.com