Kisah Dibalik Zombie, Bentuk Legacy Dolores O’Riordan

Dunia musik kembali berduka karena sekali lagi kehilangan musisi berbakat. Vokalis band The Cranberries yang bernama Dolores O’Riordan dikabarkan meninggal diusia 46 tahun pada tanggal 15 Januari 2018 di Kota London. Meskipun mendadak, penyebab kematiannya sampai sekarang masih belum diketahui. Pihak keluarga telah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka membutuhkan privasi untuk berkabung. Namun, pihak polisi telah memberikan konfirmasi bahwa kematian Dolores tidak mencurigakan.

Band The Cranberries sendiri merupakan band Irlandia yang sukses menduduki anak tangga Billboard dengan total 40 kopi album yang sukses terjual secara internasional. Dua lagu yang paling dikenal dari band ini adalah Linger dan Zombie. Jika Linger berkisah tentang pengalaman pribadi Dolores yang patah hati di saat masih belia, lagu Zombie mempunyai kisah yang lebih dalam.

Legacy Dolores dalam Bentuk Lagu

Musik dan lirik yang dicurahkan The Cranberries dalam lagu berjudul Zombie merupakan representasi kemarahan Dolores terhadap aksi pengeboman yang dilakukan oleh IRA (Irish Republican Army) di jalan Warrington, Inggris, pada bulan Maret tahun 1993 lalu. Tragedi tersebut merenggut dua nyawa anak-anak: Tim Parry yang berumur 12 tahun dan balita Jonathan Ball yang masih berumur 3 tahun.

Dolores meluapkan kemarahannya melalui lirik Zombie. “Another mother’s breakin’, heart is taking over,” begitu lirik yang dilantunkan Dolores dengan tekanan yang penuh amarah. Bait tersebut mengungkapkan penyesalan Dolores bagaimana seorang ibu harus kehilangan buah hatinya karena bom teroris.

Zombie diciptakan oleh Dolores menggunakan gitar akustik. Namun, ia meminta Frank Lawler, drummer The Cranberries, untuk mengiringi Zombie dengan hantaman drum yang kuat sehingga pesan dalam lirik lagu dapat tersampaikan. “Jika lagunya diiringi dengan musik yang soft, maka tak akan bisa memberikan impact kuat,” kata Frank.

Selain lirik dan musik yang emosional, musik videonya pun mampu menggambarkan cerita tragis dibalik lagu Zombie. Dengan menampilkan scene dimana anak kecil membawa senjata, video Zombie pun dilarang untuk ditayangkan oleh BBC. Meskipun begitu, video asli yang diunggah melalui YouTube telah mencapai angka 660 juta kali penayangan. Angka tersebut membuat Zombie menduduki posisi 210 dari daftar video yang paling banyak ditonton di sepanjang jaman.

Setelah Zombie, fans musik pop The Cranberries pun menghilang. Hal ini karena band tersebut lebih memfokuskan albumnya untuk menyampaikan pesan sosial-politik daripada lagu percintaan.

Colin Parry, ayah dari korban pengeboman IRA, Tim Parry, sangat tersentuh dengan lirik lagu Zombie. Namun, Colin mengaku bahwa ia tidak mengetahuinya, sampai kematian Dolores O’Riordan ramai diberitakan oleh media. Ia turut berbelasungkawa atas kematian Dolores.

“Dolores mempunyai talenta luar biasa dan kami merasa sangat terhormat untuk dapat menjadi bagian dari hidupnya,” pernyataan The Cranberries seperti yang dikutip dari BBC.

Leave a Reply