Jurus Terjitu Mengatur Uang THR Secara Efektif

Uang THR atau yang biasa disebut dengan Tunjangan Hari Raya adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, dana tersebut diberikan oleh perusahaan tempat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hari Raya Idul Fitri setiap satu tahun sekali. Sayangnya, uang THR justru sering menguap begitu saja karena tidak diatur dengan baik. Untuk mencegah hal itu, cobalah lakukan beberapa jurus terjitu ini dalam mengatur uang THR agar dapat digunakan secara efektif.

Bayar Zakat dan Bersedekah

uang-thr-untuk-zakat

Umat muslim meyakini bahwa ada hak-hak orang yang tidak mampu di dalam rezeki yang mereka terima. Oleh karena itu, setelah mendapat uang THR sebaiknya terlebih dulu lakukan kewajiban membayar zakat dan bersedekah pada yang membutuhkan. Hal ini tentu merupakan langkah awal yang sangat baik dalam memanfaatkan dana yang diterima secara lebih efektif.

 

Buat Rencana Pengeluaran

rencana-pengeluaran

Selanjutnya, kamu sangat disarankan untuk membuat rencana pengeluaran. Pasalnya, dengan memiliki rencana akan lebih baik daripada memutuskan sesuatu dengan asal-asalan karena justru membuat uang lenyap seketika tanpa tahu penggunaan secara pasti. Buat rencana seperti, mengalokasi dana untuk dibagikan kepada saudara, keponakan, dan pekerja dirumah (asisten rumah tangga dan supir). Lalu simpan sebagian sisa uang untuk tabungan, investasi dan lain sebagainya.

 

Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Woman with bag looking through clothes in shopping mall

Saat menerima uang cukup banyak, seseorang biasanya sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan dirinya sendiri. Terlebih promo selama bulan Ramadhan hingga mendekati Hari Raya pasti lebih gencar disuarakan oleh para pebisinis makanan, pakaian, tiket perjalanan, barang elektronik dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sangat menarik, sebaiknya renungkan ulang apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut sebelum membelinya.

 

Apakah kamu sudah menerima uang THR dari perusahaan tempatmu bekerja? Jika iya, maka inilah saatnya kamu mulai berzakat, bersedekah, dan membuat rencana pengeluaran agar kebutuhan dan keinginan dapat dibedakan dengan mudah. Selamat mencoba!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
[email protected]

Take any challenge as a creative opportunity.