Jangan Lewatkan Perayaan Imlek di Kota-Kota Ini!

Kamu belum menemukan destinasi berlibur pada perayaan Imlek nanti? Kota-kota di Indonesia ini bisa menjadi lokasi yang pas buat kamu. Penasara dimana saja? Yuk cari tahu sama-sama.

Semarang

Source: www.global.liputan6.com

Source: www.global.liputan6.com

Tahukah kamu kalau di Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini terdapat lebih dari sepuluh kelenteng di kawasan Pecinannya? Di Semarang, ada kelenteng tertua bernama Tay Kak Sie, sedangkan yang terbesar namanya Wie Wie Kong. Ada pula kelenteng Sam Po Kong yang paling populer. Pasalnya, selain sebagai sebuah tempat ibadah dan ziarah, kelenteng ini sekaligus menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain kelenteng, ada Pasar Imlek Semawis yang dimeriahkan dengan pertunjukan permainan toya dan wushu ala biksu-biksu Shaolin.

Surabaya

Source: www.warungapung.com

Source: www.warungapung.com

Nah, di kota Pahlawan ini perayaan imlek juga tak kalah meriah dengan yang ada di kota sebelumnya. Perayaan Imlek di Surabaya terpusat di kuil Hong Tiek Hian yang merupakan kelenteng tertua dan menjadi tempat beribadah umat Konghucu, Tao, dan Buddha Tri Dharma. Selain itu, Surabaya juga punya Kya-Kya Kembang Jepun, yang merupakan surganya Pecinan di kota ini.

Singkawang

Source: www.travelingyuk.com

Source: www.travelingyuk.com

Kota yang dapat julukan Kota Seribu Kuil ini adalah salah satu pusat pemukiman Tionghoa di Indonesia. Singkawang menjadi sangat ramai saat perayaan Imlek sampai Cap Go Meh. Kota ini akan dipenuhi pernak-pernik berwarna merah khas Imlek. Selain itu, kamu juga bisa menonton tarian Tatung yang diadakan saat Imlek di Singkawang. Ritual Tatung itu sangat menarik karena kamu bisa melihat orang yang kesurupan dewa-dewi yang dipercaya sama penganut Konghucu. Bahkan, serangkaian acara Imlek di kota ini dikenal sebagai pesta perayaan Imlek yang terbesar di Asia Tenggara.

Jangan sampai ketinggalan keseruan perayaan imlek di kota-kota tadi, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.