Fakta-Fakta Menarik Seputar Pi Day, Perayaan Angka Penghitung Luas Lingkaran

Apa yang spesial dengan tanggal 14 Maret? Tepat satu bulan hari Valentine sudah terlewat. Dengan kata lain, hari ini adalah White Day, hari dimana laki-laki yang telah menerima pemberian coklat saat Valentine mempunyai kewajiban untuk membalasnya dengan hadiah. Akan tetapi, 14 Maret tak hanya untuk merayakan White Day saja. Hari ini juga bertepatan dengan Hari Pi atau Pi Day. Jadi, apa sebenarnya Hari Pi itu?

Suka pelajaran matematika atau tidak, pasti kamu masih ingat angka 3,14 yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling lingkaran? Yep, Hari Pi yang jatuh tanggal 14 Maret adalah hari untuk merayakan angka 3,14 tersebut. Pi begitu dikenal di bidang sains karena angka tersebut sendiri merupakan angka irasional yang terus berkelanjutan tanpa mempunyai urutan yang tentu.

Selamat Hari Pi!

Selamat Hari Pi! Sumber: thestranger.com

Karena namanya Pi yang berbunyi sama dengan kue pie, 14 Maret juga dirayakan sebagai hari pie. Bahkan banyak tempat makan seperti restoran dan fast food chain di luar negeri yang memanfaatkan momentum 3,14 ini untuk menggelar promo seperti kue pie dan pizza hanya dengan harga $3.14. Kendati demikian, Pi Day adalah hari untuk merayakan angka 3,14 sedangkan kue pie hanyalah mengekor saja. Untuk itu, kali ini Daily Wuz akan membahas fakta mengenai angka Pi Day. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai Pi Day dan angka Pi itu sendiri.

Angka Tak Terhingga yang Irasional

Seperti yang telah disebutkan diatas, angka Pi tak hanya sebatas 3 digit saja. Setelah angka 14 dibelakang koma, masih banyak milyaran angka yang mengekor. Uniknya lagi dalam deretan angka-angka tersebut tidak ditemukan urutan angka 123456 di deretan satu milyar pertama. Seorang ilmuan Jepang menggunakan komputer pintar Hitachi SR 8000 untuk menemukan 1,24 milyar angka Pi. Temuan tersebut pun akhirnya mematahkan rekor-rekor sebelumnya. Angka Pi tak terbatas, kira-kira di masa depan nanti sampai digit keberapa ya angka Pi akan ditemukan?

Pi Day Masih Tergolong Baru

Angka Pi memang sudah dikenalkan oleh ahli matematika Yunani, Archimedes, lama sebelum masehi. Namun, penetapan hari untuk merayakannya ternyata masih tergolong baru pada tahun 90an. Hari Pi pertama kali ditetapkan oleh fisikawan yang bernama Larry Shaw pada tanggal 14 Maret 1988. Dengan kata lain, pada tahun 2018 ini, Hari Pi sudah berumur 30 tahun.

Archimedes, Penemu Angka Pi

Archimedes, Penemu Angka Pi. Sumber: wikipedia.com

Diakui Resmi oleh Kongres Amerika

Pada tahun 2009, Kongres meresmikan tanggal 14 Maret sebagai Hari Pi secara permanen. Salah satu alasan untuk mengakui dan meresmikannya sendiri adalah untuk meningkatkan awareness terhadap pentingnya matematika dan pendidikan sains untuk siswa sehingga mereka siap untuk menyongsong masa depan. Jadi, tak heran jika banyak guru dan pengajar yang memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan matematika dan pendidikan sains, terutama yang berhubungan dengan angka Pi.

Hari Perkiraan Pi

Masih ingat dong, untuk menghitung lingkaran dulu kita jika tak melulu menggunakan angka 3,14 saja. Jika perhitungan rumus bisa dirasa menghasilkan angka yang “rapi” tanpa adanya koma, dulu kita juga menggunakan alternatif angka Pi, yakni 22/7. Angka tersebut ternyata juga punya hari perayaannya sendiri lho, yang jatuh pada tanggal 22 Juli.

Simbol Pi Diperkenalkan pada Abad 18

Menyebut bilangan Pi dengan angkanya 3,14 atau 22/7 tentunya tak praktis. Kata-kata Pi juga terdengar kurang rapi jika dituliskan bersampingan dengan angka-angka lain dalam catatan rumus. Lama setelah angka Pi ditemukan, William Jones kemudian mengenalkan simbol π untuk menyebut angka Pi. Penggunaannya pun semakin populer sejak ahli matematika Swiss yang bernama Leonhard Euler mengadopsi penggunaannya pada tahun 1737. Simbol tersebut pun ternyata tak sembarang simbol, namun alfabet pertama Yunani pada kata περίμετρος, yang mempunyai artian perimeter (batas luas lingkaran).

William Jones, Pengenal Simbol Pi

William Jones, Pengenal Simbol Pi. Sumber: seriousfacts.com

Sayangnya di Indonesia tak ikutan merayakan Pi Day, ya? Diskon kue pie dan pizza kan sepertinya lumayan menghemat kantong.

Leave a Reply