Cari Tahu Yuk Apa Itu Wallet-Neuropathy!

Dilansir dari situs Mens Health, wallet-neuropathy merupakan salah satu kelainan saraf yang disebabkan karena kebiasaan meletakkan dompet di saku celana. Hal ini sering kali menimpa laki-laki yang tidak mau kerepotan membawa tas kecil untuk meletakkan dompet dan beranggapan bahwa saku celana bagian belakang adalah tempat teraman untuk dompetnya. Nah, kali ini tim Daily Wuz akan lebih lanjut membahas tentang kelainan saraf yang satu ini. Simak baik-baik ya!

Gejala Awal Wallet-Neuropathy

Stuart McGill, Ph. D. adalah seorang profesor biomekanik tulang belakang dari University of Waterloo, Kanada yang pertama kali mengungkapkan bahwa kebiasaan meletakkan dompet di saku celana belakang dapat mempengaruhi saraf-saraf tubuh, seperti tekanan pada sendi panggul dan punggung bawah. Akibatnya, rasa nyeri dari panggul ke paha yang disebabkan oleh saraf terjepit (sciatica) pun akan menyerang.

Seperti yang kita tahu, saraf panggul merupakan saraf terpanjang yang ada di tubuh, dimulai dari pinggul dan bawah tulang belakang ke bagian belakang kaki. Tak heran jika gejala lain yang dikeluhkan adalah rasa nyeri pada bokong yang menjalar hingga ujung kaki.

Semakin Lama Duduk Terganjal Dompet, Maka Kondisi Pun Semakin Parah

Tanpa disadari ketika kamu duduk dengan posisi terganjal dompet, maka akan berpengaruh pada postur tubuhmu. Saat kamu duduk dengan dompet di saku belakang, maka kamu akan cenderung duduk miring dan tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada panggul. Padahal, ketidak-seimbangan ini secara tidak sadar akan melibatkan otot, tulang dan yang paling penting adalah sistem saraf.

Kondisi ini bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, dan akan berlanjut saat kamu berjalan, duduk atau berbaring. Akibatnya, posisi tulang punggung pun menjadi tidak sejajar.

Cegah Mulai Sekarang!

Nah, untuk kamu yang tidak ingin terserang salah satu kelainan saraf akibat kebiasaan meletakkan dompet di saku celana belakang, cobalah untuk mencegah wallet-neuropathy sejak dini dengan membiasakan diri untuk melakukan sedikit peregangan sebelum duduk. Biasakan untuk mengeluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk dan letakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas.

Yuk, bagi informasi ini buat teman-teman kesayangan kamu!

Comments

comments

David Ritsma
david@picodio.com