Barongsai, Pertunjukkan yang Selalu Sukses Meriahkan Perayaan Imlek

Nama Barongsai tentu sudah tidak asing lagi buat kamu, bukan? Pertunjukkan yang biasanya dimainkan oleh 15 orang ini biasanya juga diramaikan dengan penggunaan beragam alat musik, seperti Simbal, Gong, dan Tambur. Barongsai adalah kesenian tradisional Tiongkok dengan kostum yang menyerupai singa. Barongsai sendiri mulai populer sejak zaman dinasti Nan Bei di tahun 420-589 Masehi.

Masyarakat Tionghoa meyakini kalau kehadiran Barongsai pada perayaan imlek dapat mengusir aura-aura buruk yang membawa petaka bagi umat manusia. Artikel ini akan menunjukkan fakta-fakta unik dan menarik lainnya tentang Barongsai. Yuk simak baik-baik!

Kepala Barongsai Mencapai 25KG

Source: www.lifestyle.liputan6.com

Source: www.lifestyle.liputan6.com

Tahukah kamu kalau kepala Barongsai ini dibuat dengan menggunakan bubur kertas yang dicetak dan kemudian dicat dan dihiasi dengan bulu-bulu, manik, dan juga lonceng. Biasanya, di belakang kepala akan dijahitkan kain panjang yang menggambarkan tubuh singa. Fakta yang cukup mencengangkan adalah berat kepala barongsai ini mencapai 25 kilogram, loh!

Pemain Barongsai Harus Bisa Kungfu

Source: www.tempo.co

Source: www.tempo.co

Ada syarat yang wajib dipenuhi oleh para pemain barongsai, yaitu mereka harus lebih dulu menguasai Kungfu. Pasalnya, gerakan-gerakan barongsai pada perayaan imlek ini memang sama dengan gerakan kungfu. Selain itu, berlatih kungfu dapat memudahkan pemain dalam hal keseimbangan dan kekuatan tubuh.

Ada Etika yang Harus Dipenuhi

Source: www.money.id

Source: www.money.id

Pertunjukan barongsai pada perayaan imlek ternyata memiliki beberapa etika yang harus dipenuhi oleh para pemain. Pertama, mereka harus menunduk sebanyak tiga kali untuk memberi salam, hal yang sama juga wajib dilakukan saat perpisahan. Selanjutnya, para pemain tidak boleh berdiri pada dua kaki saat mengangkat kepala sebab bisa dianggap tidak sopan.

Barongsai Versi Nian yang Paling Populer di Indonesia

Source: www.cikalnews.com

Source: www.cikalnews.com

Pada dasarnya, ada banyak macam versi kesenian Barongsai, tetapi versi Nian atau monster adalah yang paling populer di Indonesia. Pasalnya, kesenian ini menceritakan tentang seekor singa (barongsai) yang mampu mengusir Nian yang meresahkan penduduk desa, sebab Nian suka merusak tanaman pertanian, mengganggu hewan ternak, juga memakan anak-anak. Oleh karena itu, masyarakat Tionghoa meyakini bahwa Barongsai bisa mengusir hal-hal buruk.

Pertunjukkan barongsai pada perayan imlek ternyata menyimpan banyak fakta unik dan menarik ya! Tinggal beberapa hari lagi nih, kamu bisa menyaksikan pertunjukkan ini di daerah-daerah pecinan yang ada di Indonesia.

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com