7 Vending Machine Terunik di Dunia, Indonesia Belum Punya Nih!

Vending machine adalah mesin yang dapat digunakan untuk mengeluarkan atau menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Penjualan yang dilakukan melalui perantara mesin ini terbilang cukup praktis, pasalnya Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa kondisi mesin secara rutin.

Di Indonesia, mesin jual otomatis tersebut biasanya dipakai untuk menjajakan produk berupa minuman, baik dalam kemasan kaleng maupun botol. Lantas, bagaimana dengan vending machine yang ada di seluruh dunia?

Pharmaceutical Vending Machine

Source: www.pinterest.com

Source: www.pinterest.com

Mesin canggih ini dapat kamu temukan di beberapa rumah sakit bagian gawat darurat di Amerika Serikat. Vending machine yang satu ini memungkinkan para pasien untuk mengambil obat berdasarkan dari kode untuk resep dokter yang sudah mereka dapatkan. Dengan menggunakan layar sentuh, pasien dapat memasukkan kode dari resep dokter yang mereka terima dan menjawab beberapa pertanyaan sebelum akhirnya pasien dapat membayar menggunakan kartu debit atau kredit.

Selanjutnya, mesin akan melakukan pemeriksaan ulang sebelum membungkus obat dan mengeluarkannya untuk dapat diambil oleh pasien. Selain memiliki kemampuan untuk mencetak obat, mesin ini juga dilengkapi dengan telepon yang akan langsung tersambung ke bagian farmasi jika pasien mengalami masalah dalam menggunakan mesin ini. Canggih banget, ya?

Cupcake ATM

Source: www.flickr.com

Source: www.flickr.com

Masih di kawasan Amerika Serikat, tepatnya di 780 Lexington Ave, New York kamu akan menemukan sebuah ATM yang memungkinkan kamu untuk memesan cupcake melalui mesin tersebut. Didesain dengan warna pink, kamu bisa memilih beberapa jenis cupcake, seperti Chocolate Marshmallow ataupun Cinnamon Sugar. Tenang aja, mesinnya sangat mudah dioperasikan dengan teknologi layar sentuh. Oh ya, Cupcake ATM ini beroperasi 24 jam penuh jadi nggak perlu khawatir kalau kamu mendadak ingin makan cupcake di malam hari.

Benefit Cosmetic Machine

Source: www.sevenresearch.ie

Source: www.sevenresearch.ie

Benefit merupakan produk kecantikan asal Amerika yang sudah populer sejak tahun 1976. Menariknya, agar semakin dekat dengan para pelanggan, Benefit meluncurkan sebuah vending machine yang memungkinkan kamu untuk melakukan pembelian di luar store. Mesin ini tersebar di berbagai bandara Amerika Serikat dengan sistem pembayaran melalui debit dan kartu kredit.

LEGO Vending Machine

Source: www.flickr.com

Source: www.flickr.com

Kamu yang sedang berkunjung ke Jerman bisa menemukan mesin penjual otomatis mainan LEGO di Munich Central Station. Bebas pilih deh mau pilih LEGO yang mana, nggak perlu keliling di dalam mall. Seru banget kayaknya!

Burger Vend Cafe

Source: www.buzzfeed.com

Source: www.buzzfeed.com

Kelaparan di bandara tapi takut ketinggalan pesawat? Mesin penjual burger otomatis ini tentu menjadi solusi terbaik. Bernama Burger Vend Cafe, vending machine ini bisa kamu temukan di bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow, Rusia. Dibanderol dengan harga руб 80 atau setara dengan Rp. 18.800-an kamu bisa menikmati burger dengan beberapa pilihan isian, seperti beef bacon, cheesy chicken, sausage dan lain-lain.

Wacoal Bras Vending Machine

Source: www.huffpost.com

Source: www.huffpost.com

Sebagai salah satu brand pakaian dalam wanita yang ternama, Wacoal meluncurkan sebuah vending machine di Shibuya, Tokyo. Cukup masukkan nomor ukuran bra dan lembaran uang sesuai ketentuan, lalu kamu bisa mendapatkan bra barunya. Nah, loh? Gimana kalau mesin ini sampai dibuat di Indonesia, pasti bakal kontroversial deh!

7-11 Mashed Potato Machine

Source: www.finedininglovers.com

Source: www.finedininglovers.com

Kalau supermarket di Indonesia punya coffee machine, salah satu supermarket di Singapura, 7-11, justru punya vending machine yang menyediakan mashed potato. Kamu ingin mencobanya? Cukup membayar S$1 saja untuk satu cup mashed potato yang nikmat.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.