3 Rahasia Dibalik Popularitas Makanan Jepang

Makanan Jepang terkenal hampir di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Sebagian besar dari makanan khas negeri sakura ini terdiri atas makanan sehat misalnya, ikan, sayuran dan tahu yang baik untuk dijadikan makanan diet. Menariknya, hampir seluruh menu dalam masakan Jepang ini merupakan makanan yang rendah kalori sehingga aman untuk kesehatan. Buat yang masih ragu inilah beberapa alasan yang membuktikan kalau makanan Jepang layak dikonsumsi terlebih buat kamu yang sedang diet tapi tetap bisa makan enak. Check it out!

Budaya Makanan dan Kesehatan Diyakini Masyarakat Jepang

makanan-jepang-mentah

Pada umumnya, bahan-bahan yang digunakan pada masakan Jepang meliputi beras, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan laut. Untuk lauk-pauk yang diambil dari makanan laut, mereka biasa memakan secara mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan masakan dari negara-negara lain, makanan Jepang ini sama sekali tidak menggunakan bumbu yang berupa rempah-rempah dari biji-biji atau penyedap yang mengandung cabai dan harus dihaluskan. Penyedap yang digunakan biasanya berupa sayur-sayuran yang memiliki aroma harum kemudian dipotong-potong secara tipis dan halus atau dapat pula diparut.

 

 

Cara Penyajian yang Selalu Higienis

 

makanan-jepang-higienis

Untuk penyajian hidangan makanan Jepang, ternyata tidak dikenal adanya perbedaan antara tata cara penyajian yang di rumah maupun di restoran. Pada masakan Jepang, bahan makanannya tidak diolah dengan cara yang berlebihan. Makanan ini harus mempunyai rasa yang asli dari bahan makanan tersebut. Selain itu, makanan Jepang biasanya dihidangkan dalam porsi yang kecil. Hal ini dilakukan untuk mencegah makan secara berlebihan.

 

 

Harahachibu Ni Issha Irazu

salmon-1353598_640

Harahachibu ni issha Irazu adalah sebuah semboyan terkenal terakait pola makan masyarakat Jepang. Semboyan tersebut bermakna 8/10 cara yang membuat dokter pergi. Kamu tidak perlu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter kalau dalam sehari-harinya sudah mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. Semboyan ini kemudian dipercaya secara turun temurun hingga menjadi suatu kebudayaan masyarakat Jepang hingga saat ini. Keren juga ya semboyan hidup mereka!

Comments

comments

Allen
kallendro@gmail.com