Xiaomi Black Shark, Ponsel Gaming Saingan Razer Phone

Beranjak dewasa bukan berarti meninggalkan kegemaran terhadap mainan layaknya seperti waktu masih kecil dulu. Bertambahnya umur hanya mempunyai artian lain jika dikaitkan soal mainan. Kegemarannya masih sama, namun mainannya telah diupgrade. Bukan lagi monopoli, rumah barbie, atau koleksi hot wheels, tapi gadget dengan spesifikasi tinggi yang harganya membuat kamu menahan untuk tak jajan selama beberapa bulan.

Xiaomi Black Shark

Xiaomi Black Shark. Sumber: gadgets.ndtv.com

Jika fokus perempuan pada umumnya mainan gadget yang punya fitur kamera bening filter cantik, beda dengan laki-laki yang lebih suka gadget yang mempunyai fitur-fitur yang melancarkan aktivitas mobile gaming mereka. Smartphone khusus mobile gaming sendiri telah diluncurkan tahun 2017 kemarin, tak lain tak bukan adalah Razor Phone yang dibandrol dengan harga yang lumayan wah. Tahun 2018, tepatnya bulan April ini, merek smartphone yang pasarnya luas di Indonesia juga turut merilis smartphone khusus untuk mobile gaming. Yakni perusahaan smartphone China Xiaomi dengan produknya Black Shark. Produknya tersebut hasil kolaborasi dengan Nanchang Black Shark Technology Co. Ltd, menghasilkan ponsel gaming dengan hardware yang menggiurkan. Tertarik? Berikut yang perlu kamu ketahui tentang Xiaomi Black Shark.

Tanggal Rilis Xiaomi Black Shark

Xiaomi Black Shark secara resmi diumumkan beberapa hari lalu, tanggal 13 April 2018. Ponsel gaming ini akan dirilis di pasar Cina pada tanggal 20 April 2018. Sayangnya, tidak ada kabar jika Black Shark juga akan dirilis di luar pasar Cina. Sehingga, Indonesia pun tidak akan turut dihampiri oleh ponsel gaming Xiaomi ini secara resmi.

Harga Xiaomi Black Shark

Versi Cina dari website e-commerce JD.ID, yakni JD.com telah bekerja sama dengan Xiaomi untuk menjadi distributor resmi Black Shark selama 3 tahun di Cina. Jika JD.com nantinya menyediakan pembelian online langsung ke Indonesia, kamu akan berurusan dengan pihak bea cukai secara langsung untuk membayar pajak dari barang belanjaan impor. Jika tidak, kamu bisa membelinya melalui pihak ketiga yang mampu meneruskan shippingnya ke Indonesia, yang tentunya akan memakan biaya yang lebih mahal.

Pilihan Warna Black Shark

Pilihan Warna Black Shark. Sumber: phonearena.com dan droidholic.com

Selain JD.com, Black Shark tentunya juga bisa didapatkan melalui Xiaomi Mall mi.com.

Soal penyimpanan, Xiaomi sendiri menghadirkan Black Shark dalam 2 pilihan: RAM 8GB dengan penyimpanan 128GB dan RAM 6GB dengan penyimpanan 64GB.  Harga untuk RAM 8GB/128GB adalah 3.499 yuan atau sekitar Rp7.7 juta sedangkan untuk RAM 6GB/64GB 2.999 atau sekitar Rp6.6 juta. Harga yang dibandrol tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan ponsel gaming Razer Phone, dengan spesifikasi yang hampir sama.

Desain dan Spesifikasi Xiaomi Black Shark

Soal desain, Black Shark terlihat seperti kombinasi antara model smartphone 2018 dan laptop gaming. Bagian depannya terlihat seperti smartphone pada umumnya, dengan layar 18:9 dan fingerprint scanner. Bagian samping didesain untuk mengoptimalkan mobile gaming. Body dari metal yang tidak licin saat digenggam dengan permukaan yang menonjol.

Tampak Belakang Black Shark

Tampak Belakang Black Shark. Sumber: tehnot.com

Terdapat pula tombo Shark Key di sisi kiri ponsel, yang sepertinya berfungsi untuk mengaktifkan mode khusus saat bermain game. Selain itu, yang menjadi keunggulan dari Black Shark adalah fitur liquid cooling system, yang bisa mencegah ponsel memanas saat digunakan untuk gaming selama berjam-jam.

Layarnya sebesar 5.99 inch, seperti ponsel sekarang pada umumya dengan rasio tampilan 18:9 FullHD (2160 x 1080). Chipsetnya telah menggunakan Snapdragon 845 dengan GPU Andreno 630. Kamu bisa membaca rangkuman spesifikasinya sebagai berikut.

Layar : 5.99 inch berasio 18:9 FullHD
Chipset : Snapdragon 845
GPU : Adreno 630
RAM : 6GB/8GB
Internal : 64GB/128GB
Baterai : 4.000 mAh (QC 3.0)
UI : Joy UI (Custom ROM Android Oreo + MIUI)
Kamera Belakang : 12MP (f/1.75, 1.25 micron) + 20MP (f/1.75, 1 micron)
Kamera Depan : 20MP (f/2.2)
Fitur : Bluetooth 5.0, USB-C
Warna : Polar Night Black dan Sky Grey

Black Shark Gamepad

Black Shark Gamepad. Sumber: wccftech.com

Tak sampai disitu saja, Xiaomi Black Shark juga memanjakan penggemar mobile gaming dengan menghadirkan Black Shark Gamepad, aksesori stik analog yang dijual terpisah dengan harga 179 yuan atau sekitar Rp400.000.

Leave a Reply