Tak Mau Kalah, Instagram Luncurkan Fitur Stories Saingi Snapchat

Sebagai layanan media sosial berbagi foto dan video singkat, Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur terbarunya yaitu Stories. Instagram Stories ini memungkinkan pengguna untuk membagikan semua momen yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Menariknya, pengguna juga dapat membagikan lebih dari satu foto maupun video yang akan muncul bersamaan dalam format slideshow seperti yang bisa ditemukan pada aplikasi Snapchat. Penasaran seperti apa fitur Instagram Stories ini? Yuk! Kita cari tahu sama-sama.

Tak Akan Overposting

Dengan menggunakan fitur terbaru Instagram Stories, pengguna tak perlu khawatir dengan kondisi overposting sebab Instagram telah memastikan bahwa pengguna dapat membagikan momen sebanyak mungkin dalam satu hari penuh. Kamu juga dapat berkreasi dengan membubuhi teks ataupun gambar tambahan pada momen yang akan diunggah. Benar-benar serupa dengan fitur yang ada pada aplikasi Snapchat, bukan?

 

Momen Akan Menghilang Setelah 24 Jam

Kemiripan lain fitur Instagram Stories dengan Snapchat adalah momen baik berupa foto atau video yang kamu bagikan dalam Instagram Stories akan menghilang setelah 24 jam dan tidak akan muncul kembali di halaman profil pengguna. Sepertinya Instagram memang tak mau kalah dengan pesaingnya, Snapchat, ya!

 

Stories Muncul di Halaman Home Instagram

Untuk kamu yang sudah memperbarui aplikasi Instagram di smartphonemu, kamu akan melihat Stories dari akun pengguna lain yang sudah kamu ikuti di bagian atas halaman Home Instagram dengan tampilan lingkaran yang berwarna-warni. Jadi, ketika mereka telah mengunggah Story baru kamu pun dapat langsung menyaksikan momen mereka.

Jika kamu ingin mengomentari unggahan Story, cukup menyentuh layar dan mengirimkan pesan pribadi kepada orang tersebut dengan Instagram Direct. Berbeda dengan unggahan biasanya, fitur Instagram Stories tidak memungkinkan kamu untuk memberi tanda likes atau komentar secara publik.

 

Bagaimana Cara Membuat Story?

Kamu dapat mengunggah ceritamu di Instagram Stories dengan cara memilih tanda + yang ada di bagian paling kiri atas pada halaman Home Instagram, kemudian buatlah momenmu sekreatif mungkin. Jangan lupa untuk menambahkan tulisan atau gambar-gambar lucu agar Story yang kamu buat terlihat lebih menarik. Untuk navigasinya, kamu hanya perlu menyentuh layar untuk back dan forward atau geser (swipe) layar untuk melihat Story milik pengguna lainnya. Untuk mengecek siapa saja yang telah melihat foto atau video yang kamu unggah pada Instagram Stories, cukup geser layar ke atas.

 

Tetap Bisa Mengatur Privasi

Momen yang kamu unggah pada fitur Instagram Stories ini mengikuti aturan privasi pada Instagram. Artinya, jika kamu mengatur akunmu dengan private, maka Story yang kamu unggah tidak bisa dilihat oleh pengguna lain yang bukan follower. Selain itu, kamu juga bisa menyembunyikan Story dari seseorang tertentu saja.

 

Apakah kamu sudah mencoba fitur terbaru Instagram Stories ini? Bagaimana menurutmu dengan fitur terbaru Instagram ini?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.