Tahukah Kamu Jika 4 Fitur Gmail Ini Hanya Ada di PC?

Gmail adalah layanan surat elektronik “surel” milik Google. Dengan kapasitas penyimpanan awal 1GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat elektronik dari 2-4MB yang ditawarkan para pesaingnya, mulai dari pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25MB, lebih besar daripada layanan surat elektronik lainnya.

Selain keandalan server yang mereka miliki, sederet fitur yang mereka tawarkan juga kerap jadi alasan utama orang menggunakan Gmail. Namun, pada kenyataannya, banyak sekali fitur Gmail yang luput dari perhatian pengguna. Inilah 5 fitur Gmail yang hanya bisa kamu temukan jika mengaksesnya melalui browser di PC.

Membatalkan Pengiriman Pesan

Source: www.maxmanroe.com

Source: www.maxmanroe.com

Terlanjur mengirimkan sebuah email dan kamu baru menyadari terdapat kesalahan di dalamnya? Tak perlu cemas, kamu bisa terlebih dulu mengaktifkan fitur unsend mail untuk membatalkan email yang sudah terlanjur dikirim.

Silahkan masuk settings->general->Undo Send dan pilih jangka waktu pembatalan pengiriman mulai dari lima hingga 30 detik. Gulirkan hingga ke bawah lalu tekan tombol save changes untuk menyimpan pengaturan.

Menggunakan Template Jawaban Email

Source: www.tabloidpulsa.co.id

Source: www.tabloidpulsa.co.id

Apakah kamu menggunakan email sebagai alamat kontak sehingga sering menerima email dengan bunyi pesan yang sama? Tak perlu repot, kini kamu bisa menyimpan template jawaban email yang dapat digunakan sebagai email balasan berulang kali.

Untuk mengaktifkan fitur Gmail ini, kamu harus terlebih dulu masuk pada settings->labs dan aktifkan canned responses dengan memilih tombol enable. Berikutnya, tekan save changes dan mulai menulis email seperti biasa lalu klik kanan dan lanjutkan dengan canned responses. Kamu bisa menyimpan beberapa template yang bisa digunakan untuk menjawab email yang masuk.

Mengaktifkan Preview Pane

Source: www.cosarosta.com

Source: www.cosarosta.com

Jika kamu termasuk pengguna aktif Gmail, maka kamu dapat menggunakan fitur ini untuk melihat pesan email yang masuk melalui jendela preview. Caranya sama dengan langkah pada fitur sebelumnya, kemudian pilih enable di sebelah tulisan preview pane.

Memanfaatkan Keyboard Shortcut

Source: www.tabloidpulsa.co,id

Source: www.tabloidpulsa.co,id

Dengan memanfaatkan pintasan ketik, kamu bisa menjelajahi menu-menu dalam Gmail dengan lebih cepat. Sama seperti fitur sebelumnya, kamu bisa mengaktifkannya pada tab general dan memilih enable di sebelah tulisan keyboard shortcut on.

Wah, ternyata fitur-fitur tadi memang hanya bisa diakses melalui Gmail di PC. Maksimalkan fiturnya untuk kemudahan kamu dalam berkirim surat elektronik. Beri tahu teman lainnya dengan share artikel ini, ya!

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com