My Keraton: Aplikasi Wisata Keraton Lengkap dengan Fitur Augmented Reality

Dibandingkan dengan museum dan tempat-tempat bersejarah lainnya, generasi milenial lebih memilih untuk berlibur mengunjungi tempat wisata alam seperti pantai. Mungkin memang jika dibandingkan dengan museum, pantai jauh lebih instagrammable sebagai background selfie. Turunnya minat generasi muda inilah yang membuat banyak tempat wisata bersejarah sepi pengunjung, tak terkecuali keraton. Indonesia memiliki banyak sekali keraton, dengan jumlah mencapai puluhan. Sayang sekali jika keraton-keraton tersebut tak terjamah sejarahnya hanya karena kurang instagrammable. Sebagai upaya untuk menarik minat generasi muda, Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) menghadirkan aplikasi pendukung wisata keraton, My Keraton.

Memfasilitasi Wisatawan Muda

Ketua FSKN menganggap bahwa hadirnya teknologi sangatlah penting karena nantinya generasi mudalah yang akan meneruskan warisan keraton-keraton Indonesia. Hadirnya aplikasi My Keraton adalah bentuk fasilitas untuk wisatawan muda. Menyesuaikan zaman namun disaat bersamaan juga tetap menjaga tradisi budaya.

Aplikasi yang tersedia untuk Android ini diluncurkan di Kementerian Pariwisata hari Selasa lalu, pada tanggal 20 Februari 2018. Tak hanya berisikan informasi yang berupa teks semata, aplikasi ini juga menyediakan fitur augmented reality (AR). Melalui fitur ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai benda-benda pusaka dalam keraton. Kamera ponsel cukup diarahkan kepada benda pusaka keraton dan informasi relevan mengenai benda pusaka tersebut pun akan muncul.

Fitur Aplikasi My Keraton

Fitur Aplikasi My Keraton

Fitur-fitur lain yang dikemas dalam My Keraton meliputi news keraton, event keraton, busana keraton, adventure keraton, pusaka keraton, kuliner keraton, dan wisata keraton. Informasi yang relevan dengan keraton dikemas dalam fitur-fitur tersebut. Kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah keraton, keturunan keraton, warisan pusaka, warisan kebudayaan hingga kuliner khas.

Sumber Informasi Valid

Selain dibuat untuk menarik wisatawan muda, apikasi ini juga diharapkan dapat menjadi sumber rujukan ketika mencari informasi valid mengenai keraton-keraton di Indonesia. Hal ini disebabkan terdapat banyak sekali informasi keraton yang ada dalam internet, namun validitasnya masih diragukan.

Rencananya My Keraton akan melibatkan seluruh 54 keraton Indonesia yang telah terdaftar, lengkap dengan informasinya. Akan tetapi, saat ini hanya masih terdapat 5 keraton yang ada, yakni Keraton Kasepuhan, Kerajaan Badung, Kerajaan Indragiri, Kesultanan Kutai, dan Keraton Kacirebonan.

Menu Pusaka Keraton dan Kuliner Keraton

Menu Pusaka Keraton dan Kuliner Keraton

Daily Wuz sendiri telah mencoba mengunduh aplikasi pendongkrak pariwisata sejarah Indonesia ini. Tampilannya masih dirasa berantakan. Mungkin karena masih dalam pengembangan kali ya?

Tertarik untuk menjelajah keraton dengan fitur AR?

Leave a Reply