Lupa Registrasi SIM Card? Siap-Siap Diblokir secara Bertahap

Sejak tanggal 31 Oktober lalu, Kemenkominfo telah memberlakukan registrasi SIM card menggunakan NIK dan kartu keluarga. Jika SIM card telah aktif digunakan dan telah diregistrasi dengan menggunakan data yang sesuai dan prosedur yang diarahkan oleh operator, SIM card masih harus didaftarkan kembali. Sudahkah kamu mendaftarkan ulang kartu selulermu? Karena hari ini, tanggal 28 Februari 2018 adalah hari terakhir untuk registrasi.

Pemblokiran Nomor yang Tidak Terdaftar Ulang

Jika kamu tidak mendaftarkan kartu selulermu sebelum hari ini berakhir, maka nomormu pun akan diblokir. Namun, meskipun diblokir nomor akan masih tetap bisa dipakai karena tidak langsung diblokir sepenuhnya. Pemblokiran nomor akan berlangsung dalam beberapa tahap. Tahap pemblokiran nomor ada 3 dengan selang masing-masing satu bulan.

Besok hari kamis tanggal 1 Maret, nomor tidak akan bisa digunakan untuk menelpon atau mengirimkan SMS. Satu bulan selanjutnya pada tanggal 1 April, nomor tidak akan bisa menerima telepon dan SMS. Barulah tanggal 1 Mei, nomor tidak akan bisa digunakan secara total dengan paket internet yang turut diblokir.

Dalam masa tahapan pemblokiran tersebut, nomor masih diberi kesempatan untuk didaftarkan sebelum benar-benar tidak bisa digunakan secara total. Dengan kata lain, sebelum tanggal 1 Mei saat nomor diblokir secara total bersamaan dengan paket internet, nomor bisa diregistrasikan ulang menggunakan NIK dan nomor KK. Daripada menunggu sebelum tanggal 1 Mei, lebih baik registrasi SIM card kamu sekarang. Toh, lebih nyaman juga kan bisa menggunakan nomor ponsel dengan layanannya yang lengkap?

Cara Registrasi SIM Card

Terdapat 2 cara untuk mendaftarkan kartu selulermu, yakni melalui SMS dan website yang telah disediakan oleh masing-masing operator. Banyak warganet yang mengeluh jika registrasi kartu yang mereka lakukan gagal. Sebelumnya pastikan bahwa NIK dan nomor KK yang kamu gunakan memang telah terdaftar di Dukcapil. Jika registrasi melalui SMS gagal, coba alternatif lain melalui website operator selulermu. Berikut caranya.

Bagi nomor yang baru saja diaktifkan, kamu bisa mengirimkan SMS ke 4444 dengan format berikut.

Untuk Indosat, Smartfren, dan Tri: NIK#Nomor KK#

Untuk XL Axiata: Daftar#NIK#Nomor KK

Untuk Telkomsel: Reg NIK#Nomor KK#

Bagi nomor yang telah lama aktif, kamu bisa registrasi ulang dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format berikut.

Untuk Indosat, Smartfren, dan Tri: ULANG#NIK#Nomor KK#

Untuk XL Axiata: ULANG#NIK#Nomor KK

Untuk Telkomsel: ULANG NIK#Nomor KK#

Perhatikan format sudah benar sebelum mengirimkan SMS. Seperti yang kamu lihat ada operator yang menggunakan karakter pagar diakhir format ada yang tidak.

Infografik Cara Registrasi

Infografik Cara Registrasi. Sumber: indonesiabaik.id

Jika merasa kesulitan dengan SMS kamu juga bisa melakukan registrasi melalui website masing-masing operator.

Untuk Telkomsel: https://mobi.telkomsel.com/ulang

Untuk Indosat Ooredoo: https://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi

Untuk XL Axiata: https://www.xl.co.id/registrasi

Untuk Tri: https://registrasi.tri.co.id/

Untuk Smartfren: https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php

Masih merasa kesulitan? Kamu pun bisa mendatangi gerai operator seluler terdekat di kotamu. Informasi yang dibutuhkan hanya NIK dan nomor KK sehingga pastikan kamu membawa KTP dan kopian kartu keluargamu.

Cek Ulang

Setelah melakukan registrasi, tunggu SMS konfirmasi dari operator. SMS aka berisikan informasi apakah registrasi kartu selulermu berhasil atau gagal. Jika SMS konfirmasi tak kunjung masuk, kamu bisa mengeceknya secara manual melalui customer service atau fitur yang telah disediakan oleh masing-masing operator seluler. Beberapa operator menyediakan fitur tersebut melalui website, namun ada juga yang melalui SMS dan USSD.

Telkomsel melalui website https://www.telkomsel.com/cek-prepaid

Indosat Ooredoo melalui format SMS ke 4444: INFO#NIK atau INFO#MSISDN

XL Axiata melalui USSD dengan format *123*4444#

Tri melalui website https://registrasi.tri.co.id

Smartfren melalui website https://my.smartfren.com/check_nik.php

Leave a Reply