Logo Baru Instagram, Lebih Berwarna, Namun Penuh Kontroversi

Instagram baru saja melakukan perubahan besar sepanjang sejarahnya berdiri, pada Rabu (11/5/2016). Jika selama ini Instagram dikenal dengan logonya yang menyerupai kamera Polaroid klasik dengan kombinasi warna coklat, putih, dengan empat baris warna yang minimalis di pojok kiri, maka saat ini kombinasi warna menjadi dominan. Logo baru Instagram kini terlihat lebih modern dengan mengusung tren desain flat dengan warna yang cerah dan berani.

 

Menurut Head of Design Instagram, Ian Spalter, alasan pihaknya mengganti logo untuk pertama kalinya dalam jangka lima tahun adalah untuk menghadirkan desain yang lebih sederhana agar pengguna dapat lebih fokus pada foto-foto yang mereka unggah pada sosial media yang telah dibeli oleh Facebook seharga US$ 1 Miliar pada tahun 2012 lalu itu (The Next Web/The Guardian).

Perubahan yang dilakukan oleh pihak Instagram tak hanya pada logonya saja, tetapi juga tampilan antar muka di dalamnya. Saat ini tampilan Instagram berwarna monochrome atau perpaduan antara hitam dan putih, sementara untuk notifikasinya berubah dari warna oranye menjadi merah.

 

 

Logo baru Instagram beserta perubahan yang ada di dalamnya tidak dapat langsung diterima baik oleh para penggunanya. Beberapa menyayangkan perubahan logo tersebut dan menginginkan pihak Instagram seharusnya melakukan perbaikan pada sistem yang  dibutuhkan bukan justru mengganti logo iconic berupa kamera polaroid tersebut.

 

Instagram 1

 

Di sisi lain, perubahan yang terjadi pada logo baru Instagram dan tampilan antar mukanya justru disukai oleh para pengguna lainnya. Mereka yang setuju dengan logo baru Instagram berpendapat bahwa warna monochrome yang diusung pada tampilan antar muka itu lebih baik jika dibandingkan dengan warna sebelumnya, yaitu biru.

 

Instagram 3

Nah, bagaimana pendapatmu tentang logo baru Instagram ini? Apakah kalian menyukai perubahannya?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.