Kuota Internet Cepat Habis? Waspadai Penggunaan Beberapa Aplikasi Ini

Kebutuhan informasi melalui media internet saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi siapa saja. Namun, masih banyak diantara kita yang belum menyadari bahwa kuota internet bisa habis secara drastis begitu saja meskipun hanya digunakan untuk membuka beberapa aplikasi tertentu. Nah, buat kamu yang ingin menghemat kuota internet, sebaiknya hati-hati dalam menggunakan aplikasi-aplikasi ini.

Facebook

Aplikasi penyedot kuota internet

Source: www.money.cnn.com

Facebook merupakan aplikasi pertama yang paling cepat menghabiskan kuota internet kamu. Terlebih jika kamu mengaktifkan fitur autoplay untuk memudahkan pemutaran video pada aplikasi ini. Cara untuk mematikan fitur tersebut sebenarnya cukup mudah dan tidak rumit. Kamu hanya perlu menekan tombol More di bagian pojok bawah kanan dan tekan Settings. Masuk ke Account Setings dan tap Videos dan Photos. Terakhir, tekan Autoplay dan tinggal pilih nonaktifkan.

Instagram

Source: www.pixabay.com

Source: www.pixabay.com

Instagram tentu sudah akrab kamu gunakan sehari-hari. Aplikasi pengunggah foto paling populer ini menjadi salah satu aplikasi penyedot kuota internet yang harus diwaspadai. Melihat foto atau video beberapa detik bukan menjadi kendala utamanya namun jika membuka Instagram terus-menerus, tentu dapat menyebabkan kuota internet kamu cepat habis.

Youtube

Source: www.pixabay.com

Source: www.pixabay.com

Menonton video di channel Youtube dapat memberikan hiburan tersendiri untuk kamu. Namun, jangan asal buka dan mainkan video saja. Sebaiknya kamu terlebih dulu mengatur agar video yang kalian tonton tidak berat dan membuang kuota secara percuma.

Cara mengatur agar lebih hemat kuota pun cukup mudah. Kamu tinggal menekan titik 3 yang ada di pojok kanan atas dan masuk ke Settings. Selanjutnya, tinggal nyalakan Play HD on Wi-Fi only untuk menghemat kuota internet kamu.

Spotify

aplikasi penyedot kuota internet

Source: www.engadget.com

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Hadirnya aplikasi Spotify tentu semakin memudahkan kamu dalam mendapatkan musik yang kamu inginkan. Sayangnya, aplikasi ini bisa menyedot cukup banyak kuota internet kamu.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari penyebab kuota internet kamu cepat habis. Mulailah untuk bersikap bijak dalam memilih aplikasi apa saja yang akan kamu jalankan. Hemat kuota internet sama dengan menghemat pengeluaran kamu dalam membeli pulsa, bukan?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.