Kini Bisa Hapus Pesan WhatsApp dengan Fitur Delete for Everyone

Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, fitur aplikasi chatting terkemuka WhatsApp memang semakin berkembang. Meskipun tidak menyediakan fitur stiker seperti LINE, WhatsApp masih tetap bertahan sebagai aplikasi chatting favorit. Buktinya saja aplikasi Androidnya menduduki peringkat pertama untuk aplikasi komunikasi gratis di Google Play Store. Minim fitur namun pas, begitulah yang disukai oleh mayoritas pengguna aplikasi ini. Kendati demikian, WhatsApp terus berusaha untuk menambahkan fitur-fitur yang dirasa memang dibutuhkan oleh penggunanya. Fitur terakhir yang ditambahkan memang mendapat sambutan positif dari penggunanya, yakni fitur Delete for Everyone.

Fitur Hapus Chat Terkirim

Delete for Everyone memberikan opsi kepada penggunanya untuk menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim. Memang fitur yang mirip telah ada sebelumnya, namun pesan hanya akan terhapus sepihak saja. Sehingga meskipun kamu menghapus pesan tersebut, teman disisi lain chat masih bisa melihatnya.

Hapus Pesan WhatsApp

Hapus Pesan WhatsApp. Sumber: unbox.id

Delete for Everyone tidak hanya menghapus pesan yang terlanjur terkirim dari sisi kamu saja, tapi juga sisi lain lawan chatmu. Tak peduli pesan dalam chat one-on-one atau chat grup, pesan dapat dihapus dengan fitur hapus ini. Fitur ini juga bisa dinikmati diberbagai platform, baik Android, iPhone, maupun Windows Phone.

Dengan begitu, kamu tidak perlu panik lagi ketika “salah kamar”. Chat langsung bisa dihapus seketika tak perlu histeris selagi menunggu kapan lawan chatmu membacanya. Bermanfaat banget, kan? Bayangkan aja lagi asik ngobrol di grup gosip tapi malah salah kirim ke dosen atau grup kerja. Duh.

Cara Menghapus Pesan WhatsApp

Sebelum bisa menikmati fitur ini, pastikan aplikasimu telah terupdate di versinya yang terbaru. Hal ini juga berlaku bagi aplikasi lawan chatmu. Temanmu aplikasinya belum diupdate, maka pesan akan masih bisa dibaca meskipun telah dihapus.

  • Pilih pesan yang akan dihapus dengan menekannya cukup lama
  • Pilih ikon sampah di layar ponsel, untuk Android ada di pojok kanan atas layar
  • Akan muncul kotak dialog dengan 2 pilihan untuk menghapus pesan: Delete for Me untuk menghapus pesan dari sisi chatmu saja dan Delete for Everyone untuk menghapus pesan agar tidak lagi terlihat oleh semua orang dalam ruang chat.
Tampilan Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

Tampilan Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus. Sumber: dunyanews.tv

Ketika pesan telah dihapus menggunakan Delete for Everyone, maka pesan akan terganti dengan teks “You deleted this message” atau kamu telah menghapus pesan ini. Sedangkan untuk tampilan teks dilawan chattingmu akan menampilkan “This message was deleted” atau pesan ini telah dihapus.

Tak Hilang Jika Terlalu Lama

Namun, fitur ini hanya bisa menghapus pesan yang dikirim tak lebih dari satu jam. Dulu sesaat setelah keluarnya fitur ini, batas waktu hanyalah 7 menit. Pesan yang telah dikirim lebih dari 7 menit tidak akan bisa terhapus.

Batas waktu kemudian diperpanjang. Kamu masih bisa menghapus pesan “salah kamar” WhatsApp kamu sebelum satu jam setelah pesan dikirim. Tepatnya sebelum 68 menit 16 detik berlalu setelah pesan dikirim.

Masih dalam Aplikasi Beta

Fitur ini masih dalam proses percobaan, dalam versi Beta. Untuk dapat menjajal fitur-fitur terbaru yang belum dirilis secara resmi, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi beta. Jika tak ingin repot mendaftar, maka kamu bisa menunggu sampai rilis resminya.

WhatsApp memang sangat berhati-hati dalam menambahkan fitur. Meskipun fitur Stories warisan Facebook memang tidak begitu berguna. Akan tetapi, bisa dilihat fitur dalam WhatsApp memang ditambahkan untuk kemudahan penggunanya berkomunikasi: mengirimkan dokumen, berbagi lokasi, hingga menghapus pesan “salah kamar” seperti fungsi fitur Delete for Everyone.

Leave a Reply