Inilah Fitur Terbaru Android 7.0 Nougat

Nama sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat secara resmi diumumkan oleh Google melalui akun official Twitter dan Snapchat mereka di awal bulan Juli lalu. Pemilihan nama Nougat ini bukanlah tanpa alasan, sebab seperti yang kita tahu bahwa sistem operasi yang dibuat oleh Google tersebut selalu diambil dari nama-nama makanan penutup yang populer di seluruh dunia. Meskipun demikian, versi final dari sistem operasi ini baru akan tersedia secara resmi pada akhir tahun 2016 nanti.

Penasaran, kan, fitur apa saja yang dibawa oleh Android 7.0 Nougat tersebut? Yuk! Cari tahu sama-sama.

Doze Mode 2.0

Fitur Doze ini sebenarnya sudah ada pada Android generasi sebelumnya, yaitu Marshmallow. Namun, pada Android 7.0 Nougat terdapat sedikit pembaruan yang bertujuan untuk menghemat penggunaan baterai. Doze Mode 2.0 akan bekerja ketika layar smartphone sedang tidak digunakan dan juga saat layar dimatikan sehingga pengguna bisa tetap menggunakan smartphone mereka tanpat takut kehabisan baterai.

 

Multi Window

Pada Android 7.0 Nougat, kamu bisa membuka dua aplikasi sekaligus yang dapat dijalankan secara bersamaan dalam satu layar. Hal ini tentu sangat cocok untuk kamu yang memiliki smartphone maupun tablet berbasis Android dengan layar yang besar. Urusan pekerjaan pun akan dengan mudah terselesaikan dalam waktu yang singkat.

 

Quick Settings

Google telah menambahkan menu pengaturan cepat pada Android 7.0 Nougat yang dapat kamu gunakan hanya dengan menarik layar dari atas ke bawah. Fitur Quick Settings ini sebenarnya sudah ada pada sistem  Android generasi sebelumnya, namun versi terbarunya memberikan fungsi yang lebih dinamis. Kamu dapat menyentuh dan menahan ikon yang kemudian membawamu ke panel Settings untuk menampilkan fitur yang tersedia di dalamnya. Contohnya, jika kamu penasaran dengan durasi daya yang tersisa pada baterai, cukup menekan dan menahan ikon baterai untuk melihat daya baterai yang tersisa (dalam satuan jam).

 

Direct Reply Notifications

Android 7.0 Nougat memungkinkan kamu untuk menjawab pesan dari aplikasi apapun langsung dari jendela notifikasi. Kamu pun tak perlu lagi melakukan navigasi jauh-jauh. Selain itu, kamu juga bisa mengatur pesan yang masuk untuk ditampilkan kembali beberapa saat kemudian ataupun mengabaikan pesan yang ada untuk dibaca nanti.

 

Wah, sepertinya fitur-fitur terbaru yang ada pada Android 7.0 Nougat ini pantas untuk dinanti. Bagaimana menurut pendapatmu?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.