Inilah Fakta Kunci Immobilizer, Pengaman yang Harus Diamankan Oleh Pemiliknya

Kunci Immobilizer merupakan sebuah sistem manajemen mesin yang memiliki sistem komputer untuk mengatur sistem keamanan mobil. Sistem komputer itulah yang kemudian dapat mengenali dan mengetahui sinyal yang dikirimkan dari kunci mobil. Oleh karena itu, pada kunci immobilizer selalu melibatkan penempatan sebuah benda microchip di bagian kepala kuncinya, yang merupakan transmitter dan receiver kecil. Apabila sinyal tang dikirim dari chip tidak dikenali, maka ECU mobil tidak mengirimkan arus sehingga mesin tidak dapat dinyalakan.

Nah, buat kamu yang masih belum mengetahui banyak hal tentang kunci immobilizer, berikut ini adalah fakta-fakta yang patut untuk kamu ketahui demi menjaga keamanan kendaraan pribadimu.

Ciri-ciri Mobil yang Telah Memiliki Sistem Immobilizer

Source: www.suzukiswift.info

Source: www.suzukiswift.info

Salah satu cara yang sangat mudah untuk mengetahui apakah mobil kamu sudah memiliki sistem immobilizer adalah dengan melihat lampu led security yang ada pada bagian dashboard mobil atau lampu led pada sebelah setir mobil. Coba perhatikan ketika kamu menekan tombol unlock yang ada pada remot kunci, kemudian buka bagian pintu kemudi maka lampu security masih berkedip. Lampu tersebut baru akan hilang sesaat setelah kamu memutar kunci ke posisi ON.

 

Apakah Keamanannya Terjamin?

Source: www.news.okezon.com

Source: www.news.okezon.com

Dengan menggunakan kunci immobilizer maka keamanan mobil kamu lebih terjamin. Pasalnya, apabila ada seorang pencuri yang berhasil membuka pintu mobil kamu dengan menggunakan kunci duplikat, ia tetap tidak bisa menyalakan mesin dan menjalankan mobil tersebut. Hal tersebut dikarenakan pada kunci immobilizer terdapat microchip yang mampu mengirim sinyal agar mesin mobil bisa menyala.

Bagaimana Jika Kunci Immobilizer Hilang?

Source: www.motormobile.net

Source: www.motormobile.net

Meskipun sistem keamanan pada mobil yang sudah ber-immobilizer cukup baik, sebagai pemilik kamu tetap harus mengamankan kunci pengaman tersebut. Apabila terjadi kehilangan, segeralah melakukan registrasi ulang pada kunci cadangan yang anda miliki saat ini. Kamu bisa registrasi ulang melalui alat intelligent tester yang hanya dimiliki oleh benkel-bengkel resmi APM. Alat tersebut akan menghapus data yang tersimpan pada kunci immobilizer lama lalu menggantinya dengan kode terbaru yang telah tersimpan dalam ECU mobil.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena jika kunci tersebut jatuh di tangan orang-orang yang tidak bertanggung-jawab, maka dengan mudahnya mereka menyalakan mobil dan mencuri mobil tersebut darimu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.