Fitur Terbaru Last Seen Instagram Bikin Stalking Makin Mudah

Dahulu kala, saat WhatsApp menambahkan fitur Last Seen, warganet heboh. Tak bisa lagi pura-pura kelewatan baca chat padahal lagi buka aplikasinya dan balas chat lain. Fitur ini disayangkan karena privasi yang dibobol seperti yang diterapkan di Facebook Messenger. Tak perlu heran sih, kan WhatsApp milik Facebook. Lantaran platformnya yang sudah ketinggalan jaman, Facebook dan WhatsApp masih digunakan oleh milenial meskipun tidak setiap hari. Milenial sudah memiliki platform andalan sendiri untuk bersosialisasi (belanja online dan nggosip), yakni Instagram. Platform berbagi foto online ini diakuisi oleh Facebook 6 tahun lalu, pada tahun 2012. Oleh karena itu, tak heran jika Instagram juga memberlakukan fitur Last Seen untuk penggunanya.

Apa Itu Fitur Last Seen Instagram?

Fitur ini menampilkan kapan kamu terakhir kali menggunakan Instagram. Saat kamu sedang menggunakan platform media sosial ini maka status akan muncul menjadi “Active now” atau “Sedang aktif”. Selain itu, kamu juga bisa melihat jika akun sedang mengetik balasan pesan. Sama seperti fitur pada WhatsApp dan Facebook.

Dimana Status Aktif dapat Dilihat?

Status aktif dalam fitur terbaru Instagram ini dapat kamu lihat dalam kolom Direct Message yang disimbolkan dengan ikon pesawat kertas. Ikon tersebut terletak di pojok kanan atas pada kolom home atau beranda aplikasi Instagram.

Tampilan Status Aktif di Direct Messages Instagram

Tampilan Status Aktif di Direct Messages Instagram

Kamu dapat menemukan fitur Last Seen ini jika aplikasi Instagram dalam ponselmu sudah diperbarui menjadi versi 25. Update versi ini diberlakukan Instagram pada bulan Desember tahun 2017 lalu. Sehingga, jika kamu merasa mengupdate aplikasi Instagram setelah bulan tersebut, kamu bisa menemukan fitur ini dalam pilihan setting.

Siapa yang Bisa Melihat Status Aktifmu?

Jika kamu merasa bahwa fitur ini membantu dalam berinteraksi (menggosip) dengan temanmu dalam Instagram, tentunya kamu bisa membiarkannya aktif. Apalagi, tak semua orang bisa melihat status aktifmu tanpa terkecuali. Status aktifmu hanya dapat dilihat oleh mereka yang kamu kirimi pesan melalui Direct Message dan mereka yang kamu tag dalam InstaStory. Selain itu, hanya akun-akun yang kamu ikuti yang dapat melihat status aktifmu. Sehingga, jika akun yang tidak kamu ikuti mengirimi kamu DM, status aktifmu tidak akan terlihat meskipun akun Instagrammu sedang tidak diprivate alias publik.

Singkatnya, status aktifmu hanya akan terlihat oleh mutual (akun yang saling follow) dan akun yang kamu follow tapi nggak followback.

Cara Mematikan Fitur Last Seen Instagram

Yep, orang-orang bisa lebih mudah stalking kamu dengan fitur Last Seen Instagram. Tapi, nggak perlu khawatir apalagi panik karena kamu akan ketauan jika lagi mengabaikan chat orang. Tentunya fitur terbaru Instagram ini bisa kamu nonaktifkan. Akan tetapi, jika kamu mematikan fitur ini, maka kamu tidak akan bisa melihat status aktif akun lain.

Pilihan untuk Mematikan Fitur Last Seen Instagram

Pilihan untuk Mematikan Fitur Last Seen Instagram

Untuk pengguna Android, kamu bisa menonaktifkannya dengan memilih menu di profil kamu dengan gambar titik tiga vertikal. Matikan pilihan dalam Tampilkan Status Aktivitas atau Show Activity Status. Langkah tersebut juga sama untuk pengguna iPhone. Kamu tinggal memilih menu dengan ikon gerigi di samping pilihan Sunting Profil atau Edit Profile di profil Instagram kamu.

Leave a Reply