Fitur Baru Instagram Bikin Kamu Tak Bisa Lagi Simpan Instastory Gebetan

Instagram, platform dan aplikasi photo-sharing favorit generasi muda terus melakukan inovasi fitur-fitur terbaru. Setelah meluncurkan fitur last seen, kini Instagram menjajal fitur terbarunya untuk mencegah para penggosip, stalker dan copycat mencapture pos Instastorymu.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Fitur ini akan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna jika pos Instastorynya dicapture dengan screenshot atau direkam dengan screen recording. Dengan kata lain, kamu tidak akan bisa dengan diam-diam mencapture Story pengguna lain karena pengguna tersebut akan menerima pemberitahuan dari Instagram.

Daily Wuz pantau diberbagai media sosial, banyak pengguna Instagram yang mengeluhkan wacana tambahan fitur tersebut. Gimana tidak? Kamu sudah tidak bisa screenshot Story gebetan atau crush lagi seenaknya. Profesimu sebagai secret admirer terhadap si dia pun kandas sudah. Tak heran jika beberapa pengguna Instagram menimpali bahwa fitur pemberitahuan ini sama sekali tidak ada manfaatnya.

Bagi secret admirer, stalker, dan penggosip mungkin ya, fitur ini hanya akan menghalangi aktivitas capture-mencapture diam-diam mereka. Namun, bagi original content creator, fitur ini sepertinya dirasa akan memberikan manfaat untuk melindungi konten. Dengan begitu, si pemilik konten akan mengetahui siapa saja yang ‘mencuri’ Story mereka. Yah, meskipun tak semua orang yang mencapture Story memang punya niatan negatif. Bisa saja mereka ingin membagikan Story tersebut kepada teman karena dirasa bermanfaat. Secara Instastory akan hilang dalam waktu 24 jam sehingga membagikannya melalui fitur DM pun terkadang percuma jika pengguna yang dituju tidak membuka pesan sebelum Story tersebut menghilang.

Masih Tahap Beta

Aplikasi Instagram kamu masih belum mempunyai fitur ini? Tenang, bukan karena aplikasi yang terlambat diperbarui, namun memang fitur ini hanya tersedia untuk pengguna-pengguna tertentu saja. Fitur ini masih dalam tahap percobaan, melihat bagaimana dampaknya terhadap interaksi sesama pengguna.

Rencana Tambahan Fitur Lain

Fitur lain yang juga dalam masa percobaan adalah fitur repost. Namun, fitur repost ini bukan seperti fitur repost yang disediakan oleh aplikasi pihak ketiga seperti Regrann atau Repost for Instagram. Fitur repost yang dimaksud memberikanmu kemudahan untuk repost foto atau video dari feed pengguna ke Instastory kamu. Dengan begitu, bisa ‘meramaikannya’ dengan komentar, GIF, stiker, dan sebagainya. Fitur ini (nantinya) bisa ditemukan ketika kamu memilih menu dengan ikon pesawat kertas disebelah ikon komentar tiap pos dalam feed.

Fitur Repost Instagram Masih dalam Percobaan

Fitur Repost Instagram Masih dalam Percobaan. Sumber: techcrunch.com

Jika repost dan pemberitahuan screenshot masih dalam tahap beta dan belum bisa dipastikan akan menjadi tambahan resmi atau tidak, fitur satu ini telah dipastikan akan dapat dinikmati semua pengguna Instagram. Kamu nantiya bisa posting gambar dan video yang dimensinya tidak akan terpotong mengikuti dimensi layar ponsel dalam Instastory. Dengan begitu, Storymu tidak melulu berdimensi portrait, namun juga bisa landscape maupun kotak. Kamu hanya butuh untuk mencubit layar ponsel untuk mengembalikan dimensi asli foto atau video yang ingin kamu pos. Sayangnya masih belum diketahui kapan tambahan fitur ini akan dirilis. Instagram hanya memberikan pernyataan pada bulan Januari lalu, bersamaan ketika fitur GIF Story rilis, bahwa fitur dimensi ini akan dirilis beberapa minggu ke depan. Waktu pun sudah berlalu 4 minggu dan fitur tersebut masih saja belum rilis. Kita tunggu saja!

Penyesuaian DImensi Foto dan Video untuk Instastory

Penyesuaian Dimensi Foto dan Video untuk Instastory. Sumber: blog.instagram.com

Pemberitahuan screenshot Instastory, repost, atau penyesuaian dimensi foto dan video. Jadi, fitur tambahan mana yang menurutmu paling bermanfaat dan mana yang paling tidak?

Leave a Reply