Cegah Kebocoran Data Akunmu dengan Tool Facebook Ini

Warganet telah digemparkan oleh kabar kebocoran data salah satu platform media sosial raksasa, tak lain tak bukan adalah Facebook. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) pun memberi Facebook ultimatum jika permintaannya tidak dipenuhi, platform media sosial tersebut akan bernasib sama seperti Tumblr, diblokir di Indonesia. Menyertakan data pribadi secara online memang mempunyai resiko tersendiri, apalagi jika kamu belum begitu mengerti bagaimana pengamanan online bekerja. Padahal, Facebook sudah menyediakan tool yang memudahkan penggunanya untuk memonitor data-data apa saja yang dimiliki oleh Facebook sejak tahun 2010 lalu.

Tool Facebook ‘Download Your Information’

Tool Facebook ini akan mengarsip data apa saja yang pernah kamu unggah ke Facebook. Tak hanya data berupa jenis kelamin dan tanggal ulang tahun saja, namun juga status update, foto, video, pesan yang pernah kamu kirim melalui Messenger, hingga lokasi dimana kamu pernah login akunmu.

Isi dari Arsip Data Facebook

Isi dari Arsip Data Facebook

Data yang diarsip akan dikemas dalam file .zip. Di dalamnya, terdapat beberapa folder yang memisahkan jneis-jenis data Facebook kamu.

Html berisikan file .html yang merangkum akun Facebookmu, mulai dari iklan yang pernah kamu klik, aplikasi pihak ketiga yang kamu akses, event yang pernah kamu datangi, daftar teman, dan sebagainya.

File .html di Folder HTML Arsip Data Facebook

File .html di Folder HTML Arsip Data Facebook

Message berisikan pesan yang pernah kamu kirim melalui Messenger, mulai dari teks, dokumen, bahkan stiker yang kamu pakai untuk ngobrol dengan temanmu.

Foto dalam Arsip Data Facebook

Foto dalam Arsip Data Facebook

Photos berisikan semua gambar yang pernah kamu unggah dalam Facebook, termasuk data seperti kamera apa yang kamu gunakan, dimana lokasi kamu mengambil gambar tersebut, hingga alamat IP yang kamu gunakan saat menunggahnya ke Facebook.

Videos berisikan video yang pernah kamu unggah ke Facebook, termasuk video yang dibuatkan oleh Facebook secara otomatis khusus untuk kamu. Misalnya video ulang tahun akun Facebook.

Cara Download Arsip Data Facebook

Untuk mengunduh data-data Facebook kamu cukup mudah. Jika kamu pengguna aktif Facebook yang sering mengunggah data ke dalam akun Facebookmu, akan memakan waktu cukup lama hingga beberapa hari karena banyaknya data yang harus diarsip. Akan tetapi, jika data Facebookmu sedikit, maka hanya butuh waktu beberapa jam saja untuk menunggu arsip datamu siap diunduh.

Cara Mengunduh Data Facebook

Cara Mengunduh Data Facebook

Klik ikon dropdown (gambar segitiga terbalik kecil) yang terletak di pojok kanan atas header Facebook. Pilih menu Pengaturan. Di pillihan menu yang ada pada sisi kiri, pilih menu Umum. Klik tulisan “Unduh salinan” yang ada di bagian paling bawah yang berbunyi ‘Unduh Salinan data Facebook Anda.’ Facebook akan memulai pengarsipan data, kamu pun selanjutkan akan diberi notifikasi jika data telah siap diunduh.

Kamu juga bisa membaca keteragan dan turotial Facebook perihal tool Facebook ini melalui link bantuan berikut.

Aplikasi Pihak Ketiga Penyebab Kebocoran Data

Penyebab kebocoran data Facebook adalah karena aplikasi pihak ketika. Aplikasi jenis ini biasanya ada dijajaran aplikasi pengusir kebosanan seperti tebak kuis. Nah, dalam arsip yang telah diunduh melalui tool Facebook ini, seperti yang disebut sebelumnya, terdapat daftar aplikasi-aplikasi pihak ketiga apa saja yang pernah kamu akses. Aplikasi seperti ini dapat membahayakan, namun bukan berarti tidak dapat dicegah.

Membatalkan Akses Aplikasi Pihak Ketiga di Facebook

Membatalkan Akses Aplikasi Pihak Ketiga di Facebook

Data bisa bocor karena aplikasi pihak ketiga tersebut telah kamu ijinkan untuk mengakses data-data dalam Facebookmu. Oleh karena itu, ketika kamu mengakses aplikasi pihak ketika dalam Facebook, bacalah data apa saja yang bisa terbaca oleh aplikasi tersebut. Lebih baik lagi, jika memang tidak begitu penting dan sumbernya tidak terpercaya, lebih baik kamu mengurungkan niat untuk mengaksesnya. Jika terlanjut, kamu pun bisa membatalkan akses aplikasi tersebut melalui link berikut.

Leave a Reply