7 Cara Membuat Koneksi WiFi Lebih Stabil

Bagi sebagian besar masyarakat di dunia, keberadaan koneksi nirkabel WiFi merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Pasalnya, internet kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, mulai dari hiburan, tugas sekolah sampai urusan pekerjaan. Kemudahan berlangganan koneksi nirkabel WiFi pun semakin mudah, sehingga di rumah kamu tetap memperoleh kenyamanan berselancar di dunia maya dengan menggunakan koneksi ini.

Akan tetapi, terkadang koneksi nirkabel WiFi di rumah tidak stabil sehingga mengganggu kegiatan kamu. Nah, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi. Kamu bisa membuat koneksi WiFi lebih stabil dengan memeriksa router yang digunakan. Pasalnya, mulai dari posisi sampai pengaturan router ini akan berpengaruh pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi. Cobalah lakukan 7 langkah efektif ini:

Lakukan Pengecekan pada Posisi Router

Source: www.bedahtekno.com

Source: www.bedahtekno.com

Mengecek posisi router terkesan hal sepele, padahal memiliki efek yang besar. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu meletakkan router di bagian tengah ruangan. Apabila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Hal ini tentu akan membuat WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

Jangan Meletakkan Router di Lantai

Source: www.networkpolo.com

Source: www.networkpolo.com

Cara membuat koneksi Wifi lebih stabil selanjutnya adalah dengan meletakkan router di tempat yang tinggi. Jangan sekali-kali mencoba untuk meletakkannya di lantai, sebab router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

Pastikan Antena Router Berada di Posisi Vertikal

Source: www.ekowahyu.com

Source: www.ekowahyu.com

Kamu juga perlu mengatur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan. Koneksi pun akan menjadi lebih baik, bukan?

Jauhkan dari Peralatan Elektronik Lainnya

Sebaiknya jauhkan router dari perangkat elektronik lain, seperti telepon nirkabel, radio, serta televisi. Hal ini dikarenakan perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

Letakkan di Tempat Terbuka

Source: www.blogcampur.com

Source: www.blogcampur.com

Perlu diketahui bahwa ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Sebaiknya kamu tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau bahkan di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

Mengukur Piranti Lunak Router

Kamu juga bisa mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Nah, kamu bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam box pembeliannya.

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.

Lakukan Speed Test

Terakhir, untuk membuat koneksi WiFi lebih stabil kamu juga bisa melakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet di rumahmu.

Itulah tadi cara-cara membuat koneksi WiFi di rumah lebih stabil. Semoga informasi ini membantu kamu, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.