Sudah Tahu Belum Etika Makan Dengan Sumpit di Berbagai Negara Asia Ini?

Sumpit adalah salah satu alat makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang diantara jari-jari salah satu tangan saat makan. Pada umumnya, sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain, atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Faktanya, etika penggunaan sumpit sebagai alat makan ini ternyata berbeda-beda di berbagai negara Asia. Yuk cari tahu!

Jepang

etika makan dengan sumpit di Jepang

Source: www.pixabay.com

Etika makan dengan sumpit di negeri sakura ini adalah ujung sumpit harus diletakkan pada tempatnya ketika tidak sedang digunakan. Bila tidak ada tempat sumpit, seperti halnya kebanyakan restoran di sana yang menggunakan sumpit sekali pakai (waribashi), kamu bisa menggunakan kertas pembungkus sumpit sebagai wadahnya. Selain itu, kamu dilarang meletakkan sumpit dengan posisi menyilang di atas meja sebab hal tersebut merupakan lambang kematian. Tidak boleh juga diletakkan secara vertikal karena simbol upacara pemakaman.

 

Korea

etika makan dengan sumpit di korea

Source: www.pixabay.com

Di Korea, sumpit digunakan bersama dengan sendok ketika makan. Ketika meletakkan sendok dan sumpit di atas meja, jangan meletakkan sumpit di sebelah kiri sendok. Hal itu hanya dilakukan saat persiapan makan pada upacara pemakaman yang dikenal dengan istilah Jesa. Kamu bisa menggunakan sendok untuk hidangan berkuah seperti, sup, semur atau sayur lainnya. Sedangkan sumpit digunakan untuk makanan padat seperti, nasi, daging, ataupun ikan.

 

Taiwan

etika makan dengan sumpit di Hongkong

Source: www.pixabay.com

Etika makan dengan sumpit di Taiwan adalah sumpit tidak boleh diletakkan di atas meja, sebaliknya lebih baik diletakkan pada tempat sumpit atau di atas mangkuk setelah selesai makan. Sumpit tidak boleh digigit atau diletakkan dalam mulut berlama-lama. Selain itu, makanan tidak boleh ditransfer antara sumpit, tetapi harus ditempatkan di atas piring baru.

 

Hongkong

etika makan dengan sumpit di taiwan

Source: www.pixabay.com

Biasanya, orang yang paling tua harus terlebih dulu memegang sumpit. Sumpit tidak boleh digunakan terbalik, kecuali untuk memindahkan makanan ke piring lain. Hal itu diperbolehkan kalau makanan memang sudah tidak lagi dimakan atau tidak ada lagi sumpit yang lain. Meletakkan sumpit pun tidak boleh sembarangan, sebab meletakkan sumpit di atas mangkuk berarti kamu menyudahi makan, sebaliknya jika meletakkan sumpit di atas sumpit yang lain berarti kamu masih akan melanjutkan kegiatan makan tersebut.

 

Vietnam

etika makan dengan sumpit di Vietnam

Source: www.pixabay.com

Di negara Vietnam, etika makan dengan sumpit yang baik adalah dengan tidak mengambil makanan langsung untuk dimakan tetapi terlebih dulu ditempatkan pada mangkuk atau piring. Saat memilih lauk yang akan dimakan, sumpit tidak boleh dimainkan atau diangkat-angkat. Jangan meletakkan sumpit dengan posisi seperti huruf “V” sebab hal tersebut ditafsirkan sebagai pertanda nasib buruk.

 

Saat berkunjung ke negara lain, sebaiknya pahami dulu etika yang berlaku pada masyarakat setempat agar kamu bisa beradaptasi dengan baik di sana. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.