Siapa Perempuan Pertama yang Menggunakan Lipstik?

Pada umumnya, lipstik merupakan salah satu produk kecantikan berbentuk padat yang dikemas dalam tabung menyerupai bentuk krayon yang digunakan untuk memberikan warna pada bibir. Selain itu, lipstik juga diyakini sebagai salah satu pelengkap yang dapat menunjang penampilan para perempuan. Tak heran jika saat ini lipstik masih digunakan oleh hampir semua kaum hawa di seluruh dunia untuk mempercantik diri.

Nah, tahukah kamu asal mula lipstik ditemukan? Lalu, siapa perempuan pertama yang menggunakan benda ini sebagai pewarna bibir? Yuk, cari tahu sama-sama.

Awal Mula Kemunculan Lipstik

Image result for mesir kuno

Source: www.sejarahdk.com

Sekitar 3000 SM hingga 1.500 SM, perempuan Mesir Kuno menggunakan warna keunguan yang dibuat dari rumput laut, sedikit yodium, dan mannite bromin untuk mewarnai bibir mereka. Namun, campuran bahan tersebut dikatakan mengakibatkan penyakit yang serius, sehingga meskipun belum banyak digunakan, masyarakat mesir kuno saat itu mengganti bahan pembuatannya dengan menggunakan batu permata semi-mulia yang dihancurkan dan dioleskan ke bibir juga sekitar mata mereka.

Lipstik Sang Ratu Kecantikan

Image result for the real cleopatra egyptian queen

Source: www.quotesgram.com

Pada saat kepemimpinannya, Cleopatra, ratu Mesir Kuno sekaligus figur kecantikan, membuat lipstik warna merah dengan menggunakan ekstrak kumbang Carmine dan semut. Selain itu, ia juga menggunakan lipstik dengan efek berkilau yang konon terbuat dari ekstrak sisik kulit ikan yang mengkilap. Tak mengherankan jika pada akhirnya Cleopatra disebut-sebut sebagai perempuan pertama yang menggunakan lipstik.

 

Sejarah Penemuan Lipstik Padat

Image result for Abu al-Qasim al-Zahrawi lipstik

Source: www.phaidon.com

Lipstik padat dibuat pertama kali oleh seorang kosmetolog bernama Abu al-Qasim al-Zahrawi pada masa kejayaan Islam sekitar tahun 750 SM hingga 125 M. Proses pembuatannya adalah dengan digiling dan dipadatkan pada cetakan khusus. Saat itu lipstik padat buatannya tersebut memiliki aroma wangi, sehingga masyarakat saat itu menyebutnya dengan nama batangan wangi.

Perkembangan Lipstik di Dunia Kecantikan

Image result for lipstik

Source: www.fanpop.com

Di akhir abad ke-19, sebuah perusahaan kosmetik Perancis bernama Guerlain mulai memproduksi lipstik. Saat itu lipstiknya dibungkus kertas sutra, serta terbuat dari lemak rusa, minyak castor, dan beeswax. Barulah di tahun 1915, Maurice Levy menemukan lipstik dalam kemasan logam dan berbentuk tube. Dengan kemasan yang baru ini lipstik lebih mudah untuk dibawa dan dipakai kapan saja.

Wah, siapa yang menyangka ya kalau lipstik sudah ada sejak zaman Mesir Kuno meski penggunaannya baru mulai populer semenjak sang ratu kecantikan, Cleopatra, menggunakannya. Itulah tadi sejarah berkembangnya lipstik sebagai produk kecantikan dari masa ke masa. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.