Mengenal Shiba Inu, Anjing dalam Meme yang Lucu tapi Agresif

So much wow… Kamu pasti pernah berpapasan dengan meme anjing yang dikenal dengan sebutan “doge” ini di internet. Tahukah kamu bahwa jenis anjing meme tersebut adalah shiba inu?

Shiba Inu sebagai So Much Wow Meme

So Much Wow

Ras shiba inu merupakan ras anjing kuno dari Jepang yang pernah hampir punah. Namun, bisa dilihat sekarang, shiba inu telah digemari oleh banyak pecinta anjing di berbagai belahan dunia. Sampai-sampai punya meme sendiri! Jangan keliru, shiba inu tidak sama dengan anjing dari film mengharukan asal Jepang yang setia menunggu pemiliknya yang sudah meninggal itu. Hachiko, nama anjing dari film yang terinspirasi dari kisah nyata itu merupakan ras anjing Akita. Mirip memang dengan shiba, namun badannya jauh lebih besar.

Anjing Lucu yang Lincah dan Agresif

Meskipun wajahnya yang lucu, friendly, dan seperti selalu tersenyum setiap saat, shiba inu tipe anjing yang agresif, lho. Karena keagresifannya itu, maka banyak yang menganggap bahwa anjing lucu ini adalah anjing besar yang terperangkap dalam tubuh anjing kecil. Badannya yang rata-rata tumbuh maksimal seberat 10 kg dan 43 cm masih terlalu kecil untuk kepribadiannya yang sangat enerjik dan bersemangat. Shiba punya insting untuk mengejar berbagai hal yang bergerak. Keagresifan dan kelincahannya itu sangat berbahaya jika kamu ingin memelihara anjing shiba bersamaan dengan kucing atau hewan lainnya.

Nyam!

Nyam! Sumber: myfirstshiba.com

Ternyata shiba memang ras anjing yang dulunya dikembangbiakkan untuk mendaki gunung dan berburu! Pantas saja ya dia lincah dan agresif. Mungkin memang sudah bawaan ras anjing pemburu, shiba merupakan anjing yang sangat mandiri. Meskipun begitu, dia akan mudah kesepian jika ditinggal pemiliknya dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, anjing shiba pun perlu untuk disibukkan dengan berbagai aktivitas.

Perpaduan dari sifat agresif dan mandiri, shiba inu bukan termasuk anjing yang mudah dijinakkan untuk disebut sebagai “good boy”. Shiba tidak bisa dipercaya untuk berdiam diri ketika tidak dipasangi tali. Saat menemukan sesuatu yang menarik perhatiannya, shiba pun akan langsung lari mengejar hal tersebut tanpa memperdulikan teriakan pemiliknya.

Ingin Pelihara?

Harus....Melawan.....

Harus….Melawan….. Sumber: naver.jp

Meskipun sudah go international, mendapatkan ras anjing lucu ini tidak begitu mudah. Prosedur impor yang memang ketat dari Jepang membuat shiba inu sulit untuk didapatkan. Memang di Indonesia sendiri sudah mulai dijumpai satu dua breeder anjing ras shiba. Namun, kamu pun perlu mengorek dompet cukup dalam jika menginginkan satu sebagai peliharaan. Shiba inu jantan dewasa bisa dihargai sampai 15 juta!

Anjing satu ini sangat cocok jika kamu menginginkan peliharaan yang lincah dan ceria. Akan tetapi, beberapa hal pun perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Agresif, mandiri, aktif, dan shedding bulu yang tebal adalah beberapa diantaranya. Yah, memang semua itu pasti setimpal jika hari-harimu ditemani anjing ceria yang akan menghiburmu dengan tingkahnya yang lucu.

Leave a Reply