Inilah 5 Cara Alami Hilangkan Noda Luntur Pada Baju

Mencuci baju kesayangan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak luntur. Namun, apabila salah satu koleksimu sudah terlanjur kelunturan, maka tidak perlu panik lagi. Pasalnya, ada trik-trik khusus yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda luntur itu. Tenang, tanpa bahan kimia kok!

Penasaran seperti apa? Inilah 5 cara alami yang bisa kamu lakukan untuk hilangkan noda luntur pada baju!

Gunakan Cuka

Source: www.bbci.co.uk

Source: www.bbci.co.uk

Tahukah kamu kalau cuka ternyata memiliki manfaat lain selain digunakan sebagai campuran membuat acar? Cuka bermanfaat untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Kamu hanya perlu mengoleskan cuka pada bagian baju yang terkena noda luntur. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian cuci seperti biasa dan baju kesayangan pun bebas noda luntur.

Oleskan Air Belimbing Wuluh

Source: www.photobucket.com

Source: www.photobucket.com

Selain menggunakan cuka, kamu juga bisa menghilangkan noda luntur pada baju dengan air belimbing wuluh. Kandungan asam di dalam belimbing sama dengan yang ada pada cuka sehingga efektif pula untuk mengembalikan baju ke kondisi semula. Caranya, peras belimbing wuluh, kemudian oleskan airnya pada noda luntur dan bilas dengan air bersih. Terakhir, kamu bisa mencuci baju seperti biasanya.

Gosok dengan Jeruk Nipis

Source: www.buruan.co

Source: www.buruan.co

Masih memanfaatkan zat asam, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Cukup iris jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian gosokkan pada baju yang terkena noda luntur, bilas dengan air bersih lalu cuci dengan deterjen seperti biasa. Tambahkan pewangi pakaian agar baju kesayangan kamu menjadi harum.

Manfaatkan Baking Soda

Source: www.undergroundhealth.com

Source: www.undergroundhealth.com

Nah, selain ketiga bahan di atas kamu juga bisa menggunakan baking soda, loh! Selain sebagai bahan membuat kue, baking soda ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan noda luntur. Cukup campurkan baking soda dengan deterjen, oles pada bagian baju yang terkena luntur. Lalu rendam seperti biasa dan kucek hingga bersih.

Campur Vetsin dan Deterjen

Source: www.sidomi.com

Source: www.sidomi.com

Apabila kamu ingin menghilangkan noda luntur dengan menggunakan campuran vetsin dan deterjen, maka terlebih dulu siapkan ember bersih air hangat. Setelah itu baru campur vetsin dan deterjen. Rendam baju yang terkena noda dalam larutan tersebut. Diamkan selama 30 menit atau tergantung tingkat kesulitannya. Terakhir, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com