Ini Dia 6 Fakta Scooby-Doo yang Tak Kamu Ketahui

Tidak seperti sekarang dimana tayangan kartun tergeser dengan sinetron lokal yang monoton, generasi 90an dulunya dimanjakan dengan berbagai pilihan judul kartun jadul di stasiun televisi nasional. Salah satunya yang menjadi favorit dijamannya adalah kartun dengan tokoh utama anjing berwarna coklat, Scooby-Doo. Bahkan, sampai sekarang kartun Scooby-Doo produksinya masih berlanjut, meskipun tak ikut ditayangkan secara lokal di Indonesia.

Ditemani dengan sahabat manusianya Shaggy, Fred, Daphne dan Velma, Scooby pergi berpetualang membongkar berbagai misteri. Disepanjang serial kartunnya sendiri saat di tayangkan di Indonesia, tak banyak fakta terungkap. Misalnya saja nama lengkap Scooby. Tahukah kamu jika nama anjing penakut satu ini bukanlah Scooby?

Nama Lengkap Scooby

Scooby ternyata hanyalah nama panggilan. Nama lengkap Scooby sendiri adalah Scoobert-Doo. Nama tersebut terinspirasi dari lagu penyanyi lawas Frank Sinatra yang berjudul Strangers In The Night. Lagu tersebut memiliki lirik yang dinyanyikan Frank, “Doobie doobie doo.”

Saudara Scooby

Tak hanya keponakannya yang nakal, Scooby ternyata punya 2 saudara kandung triplet. Skippy-Doo adalah saudaranya yang jago komputer. Seperti tokoh-tokoh kartun di jamannya, Skippy-Doo digambarkan dengan asesori kacamata. Saudaranya yang lain bernama Dooby-Doo, yang gemar berdandan layaknya bintang pop tahun 80an.

Mama Papa Doo dengan Foto Anak-anaknya

Mama Papa Doo dengan Foto Anak-anaknya

Jenis Ras Scooby

Scooby adalah anjing ras Great Dane, ras anjing penjaga yang berasal dari Jerman. Sebagai ras anjing penjaga, Great Dane memiliki intelejen yang tinggi dan tentunya dapat dilatih. Selain itu, breed Great Dane asli dapat bertinggah ganas, layaknya anjing pembunuh. Tapi sepertinya hal tersebut tidak berlaku sama sekali bagi Scooby, ya!

Awalnya memang background Scooby sudah ditetapkan sebagai ras Great Dane. Namun, sang produser takut jika karakternya terlihat terlalu mirip dengan karakter anjing kartun Marmaduke. Sehingga, Scooby kemudian ditetapkan sebagai ras sheepdog. Lagi-lagi, ras satu ini membuat Scooby terlalu mirip dengan karakter anjing lain, yang ada di dalam komik Achie. Pada akhirnya Scooby kembali ditetapkan sebagai anjing ras Great Dane.

Akurasi Desain Karakter Scooby

Desainer karakter yang bertanggung jawab atas desain Scooby-Doo menemui peternak anjing untuk mendapatkan akurasi detil anjing ras Great Dane. Namun, pada akhirnya desain Scooby mengabaikan akurasi detil untuk mendapatkan gambar yang lebih terlihat lucu dan luwes.

Geng Scooby Digantikan Scrappy-Doo

Serial kartun ini pernah menghapus karakter Fred, Daphne, dan Velma. Scooby hanya ditemani oleh Shaggy. Sebagai ganti 3 kawannya yang tak turut ikut, keponakan Scooby pun muncul. Anak anjing agresif ini sangat berlawanan dengan pamannya. Banyak yang bereaksi negatif dengan keberadaan Scrappy yang menggantikan 3 karakter sekaligus. Pada akhirnya Fed, Daphne, dan Velma pun kembali di layar kaca.

Scrappy-Doo sebagai Villain Mastermind di Film Layar Lebar Live Action

Scrappy-Doo sebagai Villain Mastermind di Film Layar Lebar Live Action

Karakter Scrappy yang dianggap menyebalkan akhirnya dibuat sebagai villain mastermind di film layar lebar live actionnya.

Fred dan Daphne yang Selalu Bersama

Di hampir tiap episode, pasti kamu sadar jika watunya berpencar, Fred dan Daphne selalu berdua. Membuat Scooby, Shaggy, dan Velma pergi bertiga mencari petunjuk untuk memecahkan misteri.

Oleh karena itu, fans berspesikulasi Fred dan Daphne adalah pasangan sejoli. Padahal, kreator Scooby-Doo mengaku lebih menyukai membuat jalan cerita untuk karakter lain. Pantas saja Fred dan Daphne selalu menemui jalan buntu dan tidak menemukan petunjuk yang begitu berarti. Ini karena kreatornya memfokuskan jalan cerita utama untuk Scooby, Shaggy, dan Velma.

Leave a Reply