Generasi 90an, dari 5 Judul Kartun Jadul Ini Mana Favoritmu?

Berbeda dengan tontonan generasi Z yang monoton seperti Anak Langit dan Anak Jalanan, kita generasi 90an dan milenial mempunyai jejak kenangan manis masa kecil. Selain disuguhi sinetron jadul khas yang memiliki berbagai macam genre, kita juga sempat menikmati masa kejayaan kartun-kartun dalam tayangan televisi nasional. Nostalgia, begitu banyak seri kartun jadul yang menemani masa kecil kita. Bangun pagi-pagi di hari minggu bukannya takut sama omelan mama, tapi karena sayang kelewatan kartun favorit di televisi. Seri apa aja sih yang tayang saat generasi 90an masih kecil?

Minky Momo

Seri kartun jadul dari jepang ini ternyata salah satu pelopor hadirnya kartun cewek-cewek ajaib (mahou shoujo/magical girl) seperti Sailormoon dan Wedding Peach, lho. Minky Momo dulunya ditayangkan oleh stasiun televisi TVRI yang kemudian ditayangkan ulang oleh staisun lain seperti Spacetoon, RCTI, MNCTV, Trans7, da tvOne.

Minky Momo

Minky Momo. Sumber: mangauk.com

Serial Minky Momo bercerita tentang gadis dari langit yang berusaha untuk membantu manusia mempunyai mimpi dan harapan kembali. Momo sangat identik dengan kalung yang berbentuk seperti tongkat permen. Dengan kalung tersebut, ia dapat bertransformasi menjadi wanita dewasa. Poin cerita inilah yang menarik bagi kita sewaktu kecil, melihat Momo yang bisa cepat dewasa.

The Wild Thornberrys

Seri kartun dari Nickelodeon ini pasti bikin kamu iri. Bagaimana tidak, tokoh utama, yakni Eliza Thornberrys mempunyai kemampuan berbicara dengan hewan. Selain itu, keluarga Eliza merupakan keluarga nomaden. Berpetualang untuk mendokumentasikan alam diberbagai belahan dunia.

The Wild Thronberrys

The Wild Thronberrys. Sumber: moviepilot.com

Ayah Eliza, Nigel adalah presenter dari film dokumenter yang dibuat disepanjang perjalanannya. Ibu Eliza, Marianne bertanggung jawab sebagai kameramen. Eliza mempunyai kakak perempuan bernama Debbie. Tokoh Debbie ini menggambarkan remaja generasi 90an: edgy, suka fashion dan musik rock. Keluarga Thorbberrys juga mengadopsi anak laki-laki bernama Donnie yang dibesarkan oleh orang utan di hutan Kalimantan.

The Wild Thornberrys dulunya ditayangkan di stasiun Lativi dan Global TV.

Sailor Moon

Kamu pasti sudah tahu popularitas cewek-cewek Sailor Moon di kalangan anak cewek generasi 90an. Sampai sekarang, Sailor Moon selalu dikenang dengan jargonnya yang khas, “Dengan kekuatan bulan aku akan menghukummu!”. Seri ini identik dengan tokohnya yang mempunyai kaki mulus nan panjang layaknya member girlband. Kamu yang gemar nonton Sailor Moon pasti punya karakter favorit.

Sailor Moon

Sailor Moon. Sumber: chrunchyroll.com

Kepopuleran seri ini sampai memunculkan remake animenya, lho. Selain dibuat sebagai anime, Sailor Moon juga mempunyai versi serial drama tokusatsu dan panggung pentas drama musikal.

Pemeran Sailor Moon Panggung Musikal

Pemeran Sailor Moon Panggung Musikal. Sumber: nerdophiles.com

Captain Tsubasa

Kartun yang mengambil tema olahraga ini merupakan favorit anak-anak cowok pada jamannya. Perkataan tokoh utamanya pun sampai sekarang terus terngiang, “Karena bola adalah teman,”

Captain Tsubasa

Captain Tsubasa. Sumber: atomix.vg

Menampilkan “jurus dan teknik” menendang bola yang kompleks sehingga memakan durasi satu episode penuh, Captain Tsubasa berhasil membuat kita ingin jago bermain sepak bola. Tak hanya cara menendang bola yang khas kartun 90an banget, inner monologue-nya juga sangat identik dengan kartun jadul. Itu mau curhat apa main bola sih??

Hayo ngaku, kamu sampai sekarang pasti masih ingat setidaknya satu bait dari lagu kartun ini. Lari lari lari… Tendang dan berlari.. Dengan tendangan halilintar dia cetak gooolll!

Rugrats

Masih dari Nickelodeon, Rugrats merupakan serial kartun yang menemani keseharian generasi 90an. Bayi-bayi dalam Rugrats selalu mempunyai imajinasi besar, membuat masalah disana-sini. Ada Tommy si pemimpin, Chuckie yang selalu cemas, si kembar Phil dan Lil, dan Angelica, bocah paling tua diantara mereka.

Rugrats

Rugrats. Sumber: abcnews.go.com

Siapa yang bikin kamu gregetan dalam serial Rugrats? Apakah Angelica yang memang selalu nakal dan jahat terhadap bayi-bayi tersebut?

Dari kelima judul kartun jadul diatas, mana nih favoritmu waktu kecil dulu?

Leave a Reply