Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Daging Kambing

Kambing merupakan salah satu hewan yang biasa dijadikan kurban pada saat Hari Raya Idul Adha. Tak heran jika saat ini daging kambing akan memenuhi lemari pendingin di rumahmu. Namun, mengolah daging kambing agar bisa menjadi masakan yang lezat tidaklah mudah mengingat bau tidak sedap yang selalu menempel pada dagingnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap itu!

Sebaiknya Tidak Mencuci Daging Kambing

Pada umumnya, daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Hal itu berlaku sebaliknya untuk daging kambing, sebab jika kamu mencuci daging kambing maka teksturnya akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Kamu bisa langsung merebus daging kambing tersebut, kemudian membuang air rebusannya. Setelah itu bilas daging kambing dengan air mengalir dan olah daging sesuai keinginan.

 

Rendam Daging Kambing dengan Susu

Selain memberikan bumbu rempah-rempah untuk menghilangkan bau tidak sedapnya, kamu juga bisa merendam daging kambing dengan air susu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan perendaman selama semalam. Daging kambing yang direndam dengan susu juga bisa menjadi lebih empuk dan gurih, loh!

 

Hilangkan Lemaknya

Lemak yang menempel pada daging kambing, bisa menjadi sumber bau itu sendiri. Oleh karena itu, jika kamu ingin menyimpan daging kambing dalam jangka waktu yang cukup lama, hilangkan atau pisahkan lemak dari daging kambing tersebut.

 

Lumuri dengan Parutan Nanas

Getah buah nanas yang beraroma cukup tajam dapat menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing. Kamu dapat melumuri daging kambing dengan parutan nanas sebelum mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Menariknya, parutan nanas ini juga bisa membuat daging kambing menjadi lebih empuk.

 

Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Kamu bisa membungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.