Alasan Dibalik Perbedaan Letak Kancing Baju Laki-laki dan Perempuan

Letak kancing untuk baju perempuan dan laki-laki tidak sama, lho. Jika baju perempuan mempunyai kancing di bagian kiri, baju laki-laki kancingnya di sebelah kanan. Perbedaan ini kerap menuai tanda tanya oleh banyak orang. Emang apa sih manfaatnya, beda gender kok beda letak kancing baju? Kalau disamakan apa ada kerugian praktis yang akan muncul? Apa kalau dibalik kancing baju laki-laki di kiri dan perempuan di kanan akan merubah sesuatu? Kerugian praktis atau fashion semata?

Jawabannya ya, terdapat kerugian praktis jika letak kancing baju diubah. Namun, dengan perbedaan kehidupan masa kini dengan masa lalu membuat letak kancing tak akan begitu dipermasalahkan. Pasalnya, letak kancing baju di kiri dan kanan sesuai gender dulunya didasarkan kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari.

Meskipun tidak ditemukan alasan pasti penyebab perbedaan letak kancing untuk baju laki-laki dan perempuan, berikut teori-teori yang disinyalir adalah dasar mengapa letak kancing baju dibedakan sesuai gender.

Baju Perempuan yang Rumit

Seperti yang kita ketahui, baju perempuan orang Barat jaman dulu mempunyai detil yang lebih kompleks. Selain desain yang sama sekali tidak simple, pengguunaannya pun memerlukan beberapa lapis pakaian sekaligus.

Oleh karena itu, pemakaian baju perempuan jaman dulu sering memerlukan bantuan maid atau pembantu rumah tangga. Karena dikancingkan oleh orang, maka kancing diletakkan di sisi kiri sehingga maid dapat mengkancingkannya dengan menggunakan tangan kanan.

Baju Perempuan dengan Model Kompleks Membutuhkan Bantuan Maid untuk Memakainya

Baju Perempuan dengan Model yang Kompleks Membutuhkan Bantuan Maid untuk Memakainya. Sumber: hiamag.com

Untuk laki-laki sendiri, mereka lebih memilih untuk berpakaian sendiri tanpa bantuan maid. Terlebih lagi model baju mereka jauh lebih sederhana dibandingkan model baju perempuan.

Pedang di Tangan Kanan, Bayi di Tangan Kiri

Di jaman dimana senjata dan perang merupakan sebuah komoditas sehari-hari, laki-laki pun mempunyai pedang yang digunakan dengan tangan kanan. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk melepas kancing baju menggunakan tangan kiri sehingga kancing akan lebih mudah terlepas jika dipasang di sebelah kanan.

Sebaliknya, perempuan menggendong bayi menggunakan tangan kiri disaat menyusui. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk melepas kancing menggunakan tangan kanan sehingga kancing pun dipasang di sisi kiri.

Posisi Naik Kuda

Perempuan Menggunakan Gaun Menunggangi Kuda

Perempuan Menggunakan Gaun Menunggangi Kuda. Sumber: wikimedia.org

Dahulu, laki-laki yang memakai celana menunggangi kuda dengan kaki di kedua sisi kuda. Akan tetapi, perempuan yang pakaiannya masih menggunakan rok, harus duduk miring menghadap ke kiri dengan kedua kaki di satu sisi kuda. Untuk mengurangi hembusan angin yang menganggu pakaian mereka, maka kancing diletakkan di sebelah kiri. Dengan demikian, baju tidak akan terbuka karena hembusan angin.

Standar Produksi

Sebelum produksi masal setelah temuan mesin yang digunakan untuk industri, tidak ada standar khusus yang membedakan baju untu laki-laki dan perempuan. Perbedaan letak kancing pun kemudian diterapkan agar dapat membedakan baju sesuai gender. Dengan kata lain, kebutuhan baju untuk tiap gender semakin komersil ketika standar letak kancing digunakan karena produksi masal.

Berkembangnya jaman telah menghilangkan beberapa faktor yang menjadi penyebab bedanya letak kancing baju. Contohnya saja model baju untuk laki-laki dan perempuan. Tak jarang perempuan yang menggunakan baju laki-laki. Selain itu, tren fashion genderless membuat banyak brand mengeluarkan model baju unisex. Menurutmu, apakah letak kancing baju memberikan manfaat praktis di masa sekarang?

Leave a Reply