Yuk, Cegah Bau Mulut dengan DIY Mouthwash Alami dari Kayu Manis dan Lemon!

Bau mulut memang kurang begitu menganggu bagi yang punya mulut. Tapi, baunya yang luar biasa menyumbang polusi udara bagi mereka yang harus berinteraksi dengan kamu. Jangan sampai orang-orang enggan ngobrol sama kamu hanya karena bau mulutmu yang tak tertahankan. Jika kamu telah menyimak artikel sebelumnya tentang penyebab bau mulut, tentu kamu sekarang sudah tau hal-hal apa saja yang mendatangkan bau ke mulutmu dan cara menanggulanginya.

Salah satu cara untuk mencegah bau mulut adalah dengan menggunakan mouthwash. Banyak sekali produk obat kumur yang dijual di toko kelontong, apotek, dan supermarket. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai denganmu. Akan tetapi semuanya mengandung bahan kimia. Meskipun keamanannya sudah dijamin oleh BPOM, jika kamu ingin tenang dengan kandungan mouthwash yang kamu gunakan, lebih baik kamu mencoba untuk membuatnya sendiri. Dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami, berikut langkah-langkah DIY mouthwash seperti yang dilansir dari The Indian Spot.

Rahasia Dibalik DIY Mouthwash

Racikan DIY mouthwash memang sangat efektif untuk mengusir jauh-jauh bau mulut. Tapi, tak seperti mouthwash yang ada di supermarket, sebenarnya apa sih rahasia dibalik efektifnya racikan mouthwash yang akan ita buat ini? Ternyata rahasianya sangat sederhana, terletak dalam bahan-bahan alami yang digunakan dan manfaat yang dikandungnya masing-masing.

Kayu manis. Bahan alami terbaik untuk mengusir bau mulut. Kayu manis dapat mematikan bakteri yang menjadi penyebab bau dalam mulut.

Lemon. Bau dalam mulut yang cetarr luar biasa dapat “disembunyikan” dengan aroma menyegarkan buah lemon. Segar dan kutanya aroma lemon menjadikan lemon dan kayu manis tim kuat dalam mengusir bau mulut.

Madu. Cairan manis dan kental multifungsi ini mengandung anti-mikroba yang tinggi sehingga dapat mempercepat proses untuk menghilangkan bakteri dalam  mulut.

Baking soda. Sama seperti madu, baking soda juga mempunyai kandungan untuk membantu membunuh bakteri mulut. Selain itu, baking soda juga dapat memutihkan gigi.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

  • Bubuk kayu manis setengah sendok makan
  • Satu buah lemon kecil
  • Madu asli 1 sendok makan
  • Baking soda 1 sendok teh
  • Air hangat 1 gelas
  • Satu buah sendok
  • Satu buah botol dengan tutup rapat
Bubuk Kayu Manis dengan Mudah Bisa Ditemui di Toko Kue atau Supermarket

Bubuk Kayu Manis dengan Mudah Bisa Ditemui di Toko Kue atau Supermarket. Sumber: tokopedia.com

 

Cara Membuat

  1. Masukkan bubuk kayu manis dalam botol
  2. Peras lemon dan masukkan air perasan dalam botol
  3. Tambahkan madu
  4. Tambahkan baking soda
  5. Tuang air hangat ke dalam botol kemudian aduk hingga merata dengan sendok. Kamu juga bisa mengocok campuran larutan tersebut dengan menutup tutup botol rapat-rapat sebelumnya
  6. Setelah semua bahan telah tercampur rata, tutup botol dengan rapat dan simpan untuk digunakan nantinya.
Contoh Mouthwash yang Telah Dikemas Siap untuk Digunakan

Contoh Mouthwash yang Telah Dikemas Siap untuk Digunakan. Sumber: theindianspot.com

 

Cara Menggunakan

Racikan DIY mouthwash ini paling baik digunakan tiap hari di pagi hari. Kamu dapat menggosok gigi terlebih dahulu sebelum berkumur dengan menggunakan larutan mouthwash ini. Jangan lupa untuk selalu mengocoknya sebelum digunakan untuk berkumur. Tuangkan 1 hingga 2 sendok makan cairan mouthwash (tergantung dengan daya toleransimu) dan gunakan berkumur selama kurang lebih satu menit.

Tips Seputar Bahan yang Digunakan

Air Perasan Lemon Meningkatkan Efektivitas Mouthwash

Air Perasan Lemon Meningkatkan Efektivitas Mouthwash. Sumber: thespruce.com

  • Gunakan bubuk kayu manis yang baru saja dilembutkan untuk hasil terbaik. Kamu juga bisa membeli bubuknya secara langsung di toko kue.
  • Pastikan lemon diperas sampai sari airnya tak tersisa karena lemon dapat meningkatkan tingkat efisiensi racikan mouthwash.
  • Usahakan untuk menggunakan madu mentah asli yang organik tanpa adanya campuran bahan kimia apapun.
  • Penggunaan madu dan baking soda dapat memberikan manfaat besar. Namun, kamu juga bisa menghilangkan kedua bahan tersebut dalam membuat DIY mouthwash ini.
  • Pastikan air yang digunakan cukup hangat, tak terlalu dingin maupun terlalu panas agar madu dapat larut dengan sempurna.
  • Lebih baik kamu membuat racikan DIY mouthwash ini dalam jumlah kecil terlebih dahulu karena absennya bahan pengawet dapat membuat larutan cepat kedaluwarsa.

Leave a Reply