Ucapkan Selamat Tinggal Sepatu Bau dengan 7 Tips Mudah Ini

Selain kewajiban menggunakannya saat bekerja dan kuliah, sepatu memang pilihan alas kaki terbaik. Tak seperti sandal, sepatu dapat melindungi kakimu dari sinar matahari secara menyeluruh (tergantung modelnya juga, sih). Selain itu, dengan insole yang lebih tebal dari sandal, sepatu lebih nyaman digunakan untuk jalan-jalan. Namun, sepatu kesayanganmu yang kamu pakai tiap hari itu tak baik untuk dipakai tanpa henti karena berkembangnya bakteri. Alhasil, bau sepatu kamu pun sungguh luar biasa. Kemungkinan kamu akan mendapatkan satu dua pandangan tak enak dari orang lain saat melepasnya di tempat umum. Baunya sungguh sedap menusuk hidung! Daripada berkontribusi pada pencemaran udara, lakukan hal-hal berikut untuk menghindari sepatu bau.

Cuci Kaki

Cuci Kaki dengan Bersih untuk Mencegah Bau Kaki

Cuci Kaki dengan Bersih untuk Mencegah Bau Kaki dan Sepatu. Sumber: uhcclub.com

Gimana sepatu mau bebas bau kalau kamu saja malas cuci kaki? Untuk menghindari bakteri beranak pinak, kamu perlu mencuci kakimu dengan benar. Saat mandi, cuci kakimu dengan menggosokkan sabun di telapak kaki, jangan lupa untuk membersihkan bagian diantara jemari kaki. Sebelum memakai sepatu, pastikan kakimu sudah benar-benar kering karena kaki yang lembab dapat membuat sepatu menjadi bau dengan cepat.

Gunakan Bedak

Gunakan Bedak Bayi agar Kaki Tetap Kering

Gunakan Bedak Bayi agar Kaki Tetap Kering. Sumber: tribunwow.com

Untuk usaha maksimal dalam membasmi bau sepatu yang menusuk hidung, gunakan bedak sebelum memakai sepatu. Aplikasikan bedak tabur pada kaki sehingga kakimu pun tetap kering sepanjang kaki. Terdapat bedak khusus kaki yang dapat kamu gunakan seperti Bedak Harum Kaki. Namun kamu juga bisa menggantikannya dengan bedak tabur antiseptik biasa atau bedak bayi.

Jangan Pakai Sepatu yang Sama 2 Hari Berturut-turut

Hindari Pemakaian Sepatu yang Sama 2 Hari Berturut-turut

Hindari Pemakaian Sepatu yang Sama 2 Hari Berturut-turut

Meskipun kamu punya sepatu favorit yang ingin kamu pakai tiap hari, memakainya tiap hari tanpa henti merupakan resep manjur untuk sepatu bau sedap luar biasa. Hal ini karena pemakaian tanpa henti tak memberi kesempatan sepatu kesayanganmu untuk benar-benar mengering.

Letakkan Baking Soda dalam Sepatu

Baking Soda untuk Menghilangkan Bau Sepatu

Baking Soda untuk Menghilangkan Bau Sepatu. Sumber: brinkleybeautyblog.com

Jika kamu masih tetap ingin menggunakan sepatu favoritmu, cobalah meminimalisir baunya. Selain digunakan untuk membuat kue dan membersihkan toilet dan westafel, baking soda pun dapat digunakan untuk mengusir bau sepatu. Kamu perlu mengemas baking soda menggunakan kain penyaring kopi dengan selotip, karet, atau staples. Jika kesulitan menemukan kain penyaring kopi, kamu pun dapat menggantikannya dengan tisu tebal seperti towel napkins.

Alternatif Baking Soda, Gunakan Pasir Kucing

Pasir Kucing dapat Menghilangkan Bau Sepatu

Pasir Kucing dapat Menghilangkan Bau Sepatu. Sumber: kucingpedia.com

Penggunaan baking soda pun bisa digantikan dengan pasir peliharaan meongmu. Pasir kucing dapat menyerap lembab dan bau pup meong. Hal ini pun dapat diaplikasikan pada sepatu. Isi kaos kaki atau stocking bekas dengan pasir dan ikat menggunakan karet. Letakkan dalam sepatu selama semalam sebelum tidur untuk menyegarkan bau sepatu.

Semprotkan Alkohol Gosok

Semprot Alkohol untuk Membunuh Bakteri di Sepatu

Semprot Alkohol untuk Membunuh Bakteri di Sepatu. Sumber: kelontongmu.com

Isi botol spray bekas parfum dengan alkohol gosok dan semprotkan pada sepatu. Alkohol akan membunuh bakteri yang ada sehingga sepatumu pun tak begitu bau lagi. Pastikan semprotanmu tidak banyak sehingga membuat sepatu lembab. Kamu bisa menggunakan alkohol gosok seperti Rivanol Cap Gajah.

Gunakan Sol Arang Penghilang Bau

Sol Sepatu Arang Mencegah Bau pada Sepatu

Sol Sepatu Arang Mencegah Bau pada Sepatu. Sumber: tokopedia.com

Sol dengan bahan yang mengandung arang dapat membantu untuk menyegarkan bau sepatu. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp30.000 di berbagai marketplace Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee.

Leave a Reply