Ubah Password Media Sosialmu Jika Memiliki Hal-Hal Ini

Seringkali kalian membuat password media sosial yang mudah diingat, bukan?  Sayangnya, password media sosial yang menurutmu mudah diingat cenderung mudah ditebak oleh orang lain. Hal ini tentu bisa membahayakan keamanan akun media sosial yang kamu miliki, sehingga hindari penggunaan password media sosial dengan hal-hal sebagai berikut:

Tanggal Lahir

Para pengguna baru internet cenderung memilih password media sosial yang tersusun atas susunan angka tanggal lahir. Alasannya tentu tanggal lahir adalah hal yang paling mudah diingat sehingga kemungkinan untuk lupa password dapat terminimalisir. Padahal, para pelaku kejahatan cyber tentu dapat dengan mudah meretas akun media sosial kamu setelah mengetahui persis tanggal lahir yang kamu gunakan sebagai password tersebut dan kamu akan dirugikan. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

 

Kombinasi Nama dan Tanggal Lahir

Nama dan tanggal lahir merupakan kombinasi paling favorit untuk dijadikan password media sosial. Hal ini sama berbahayanya dengan penggunaan tanggal lahir sebagai password, sebab orang dapat dengan mudah menebak dan meretas akun yang telah kamu buat. Faktanya, kombinasi password media sosial seperti ini hampir dilakukan oleh seluruh orang di berbagai negara.

 

Nomor HP

Jika ada angka yang mudah diingat selain tanggal lahir, itu adalah nomor HP. Tidak sedikit pengguna yang menggunakan nomor HP sebagai password sosial media mereka. Apakah password yang kamu gunakan tetap bersifat rahasia? Tentu saja tidak bagi orang-orang yang memiliki niat jahat untuk meretas akun media sosialmu dan kebetulan memiliki nomor HP kalian.

 

Urutan Huruf Pada Papan Ketik

Beberapa orang memilih password berupa urutan huruf yang ada pada papan ketik seperti, QWERTY atau ASDFGH. Jika kamu mengira password media sosial yang seperti ini aman dari peretas, tentu kamu salah besar. Kombinasi urutan huruf pada papan ketik merupakan salah satu jenis password media sosial yang mudah dibobol oleh para pelaku tindakan kejahatan dunia maya.

 

Apakah password media sosialmu memiliki kriteria-kriteria tadi? Jika ya, maka sebaiknya segeralah merubah demi keamanan akun media sosial yang kamu miliki. Untuk meningkatkan keamanan, kamu dapat menambahkan alamat email ataupun nomor hp untuk verifikasi masuk pada perangkat lain. Berikan kombinasi tanda baca selain huruf dan angka seperti titik, koma, tanda tanya, tanda seru, dan sebagainya untuk meningkatkan kekuatan password media sosialmu.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.