Tips Packing untuk Menghindari Pakaian Kusut dalam Koper

Semua orang menyukai traveling. Namun, terdapat satu hal yang sepertinya disetujui: packing. Memilah mana yang dibutuhkan dan menatanya dalam koper membutuhkan waktu yang lumayan. Apalagi ternyata barang bawaan kamu banyak, koper pun kurang besar untuk menampung semuanya. Belum lagi masalah baju kusut, sehingga kamu pun kebingungan cari setrika di tempat penginapan. Intinya: packing bikin ribet! Jika kepentingan travelmu berhubungan dengan pekerjaan, tentunya kamu perlu untuk berpakaian formal dan rapi. Pakaian kusut pun jadi masalah terbesarmu dalam packing. Kamu bisa mengakali pakaian kusut saat packing dengan tips dan trik berikut.

Pilih Bahan Tak Mudah Kusut

Tips ini tentunya udah jelas bukan? Untuk menghindari pakaian kusut, kamu lebih baik pilih pakaian yang berbahan anti-kusut seperti polyester, nilon, dan lycra. Bahan seperti katun rayon mudah sekali kusut sehingga hindari pakaian dengan bahan tersebut. Sebaliknya, bahan satin lebih tahan kusut, sehingga pakaian dengan bahan seperti ini disarankan untuk dibawa sebagai pengganti rayon.

Gunakan Plastik

Pakaian mudah kusut karena gesekan dengan benda dan pakaian-pakaian lain dalam koper. Dengan begitu, minimalisir gesekan tersebut dengan mengemas pakaianmu dalam plastik. Hal ini akan mengurangi kusut sehingga pakaianmu lebih terlihat rapi dan segar.

Gunakan Kertas Tissue

Bungkus Pakaian dengan Kertas Tissue

Bungkus Pakaian dengan Kertas Tissue

Untuk mencegah pakaian kusut semaksimal mungkin, bungkus pakaian rapimu menggunakan kertas tissue sebelum meletakkannya dalam koper.

Kurangi Bawaan

Koper yang terlalu penuh dapat meningkatkan gesekan antar pakaian, sehingga pakaian pun akan lebih mudah kusut. Pilah kembali pilihan bawaanmu, dan pack item yang memang benar-benar diperlukan.

Gulung Pakaian

Menggulung Pakaian Selain Mengurangi Kusut Juga Menghemat Ruang

Menggulung Pakaian Selain Mengurangi Kusut Juga Menghemat Ruang

Selain mengurangi kusut, menggulung pakaian juga menghemat ruang dalam koper. Terutama pakaian yang berbahan jeans dan denim lebih baik digulung, karena ketebalannya dapat memakan ruang lebih banyak.

Lipat Pakaian Menjadi Kotak

Lipatan kotak merupakan cara melipat pakaian terbaik untuk menghindari pakaian kusut. Lipat kedua lengan baju kebelakang kemudian lipat bagian bawah baju sehingga membentuk kotak.

Gunakan Packing Folder

Packing Folder, Organizer Travel agar Pakaian Tak Kusut

Packing Folder, Organizer Travel agar Pakaian Tak Kusut

Packing folder dapat menyendirikan pakaian agar tidak kusut dari bawaan lain dalam koper. Kamu dapat membelinya di berbagai e-commerce atau marketplace seperti Lazada.

Tumpuk Pakaian

Letakkan pakaian yang mudah kusut di bagian bawah koper. Beri alas pakaian tersebut dengan pakaian lain, kemudian tumpuk dengan pakaian lainnya yang tidak begitu penting. Pastikan tumpukan pakaian mempunyai ukuran lipatan yang sama. Bedakan mana pakaian yang dilipat kotak dan mana yang digulung agar menghindari gesekan yang dapat menyebabkan pakaian kusut.

Steamer Portable

Steamer Portable, Pengganti Setrika Saat Traveling

Steamer Portable, Pengganti Setrika Saat Traveling

Jika kamu masih belum puas jika pakaianmu benar-benar licin dan terbebas dari kusut, maka kamu bisa membawa steamer portable sebagai salah satu item bawaan dalam koper. Lebih ringan dari setrika, steamer portable lebih cepat merapikan pakaianmu dalam hitungan detik. Kamu pun tak perlu repot membaringkan pakaianmu seperti saat akan setrika. Hal ini karena steamer portable dapat digunakan pada pakaian saat digantung sekalipun.

 

Leave a Reply