Tips Menghias Taman Belakang Rumah yang Sempit

Tips Menghias Taman Minimnya lahan karena melunjaknya harga properti dari tahun ke tahun membuat banyak orang meninggalkan niat untuk membuat taman belakang rumah. Padahal, hadirnya taman belakang rumah dapat memberikan ketenangan tersendiri. Meski lahan yang tersisa sempit, membuat taman yang indah dan asri bukan tidak mungkin. Anda bisa memanfaatkan ruang dengan maksimal jika menerapkan tips berikut ini.

Tanam rumput hias

Tips Menghias Taman Belakang Rumah yang Sempit

Agar taman terlihat luas dan lebih asri, Anda bisa menutupi seluruh lahan belakang Anda dengan rumput hias. Tentunya rumput hias disarankan hanya untuk Anda yang tidak keberatan dengan perawatan taman yang cukup intens. Meskipun repot, rumput rias memang bisa memberikan kesan yang lebih hijau.

Jika Anda tidak ingin repot dengan perawatannya, Anda bisa menggantikannya dengan batu kerikil. Menutupi taman belakang rumah yang sempit menggunakan batu kerikil menjadi pilihan yang cukup populer saat ini. Terlebih lagi, batu kerikil sangat identik dengan desain interior masa kini yang minimalis.

Anda bisa memilih batu hias dengan ukuran sedang. Jangan lupa untuk memilih batu yang tidak mempunyai sudut tajam layaknya kerikil. Dengan begitu Anda bisa menikmati kenyamanan taman belakang rumah tanpa harus mengenakan alas kaki.

Menggunakan batu hias memang bisa menimbulkan kesan yang kurang asri bagi sebagian orang. Jika Anda lebih menyukai taman yang lebih hijau, Anda bisa menggabungkan batu hias dengan rumput. Batu-batu bisa Anda posisikan sebagai jalan setapak diantara rumput-rumput yang telah tertanam.

Pilih tanaman merambat dan gantung

Tips Menghias Taman Belakang Rumah yang Sempit

Mengakali lahan yang sempit, hal paling rasional yang perlu Anda lakukan adalah memilih tanaman yang memakan sedikit lahan. Dengan kata lain, Anda bisa memilih tanaman merambat atau gantung. Dengan tipe tanaman ini Anda bisa tetap membuat lahan belakang rumah menjadi taman hijau yang asri dan indah. Tanaman bisa ditata dalam pot-pot gantung. Pot-pot tersebut bisa Anda gantung pada tembok atau pagar.

Baca Juga : Menjual Rumah Demi Keliling Benua Bersama Kucing Kesayangan

Anda juga bisa memasang rak-rak untuk bisa menata lahan belakang sedemikian rupa. Dengan begitu, akan ada ruang tersisa yang bisa digunakan untuk meletakkan pot-pot di atas tanah atau langsung menanamnya tanpa pot.

Letakkan tangki air di atas

Tips Menghias Taman Belakang Rumah yang Sempit

Tangki air rumah biasanya diletakkan di belakang rumah. Agar memperluas lahan untuk dijadikan taman, lebih baik tangki air dibuatkan tempatnya sendiri yang tinggi. Dengan begitu, ruang pada pijakan kaki tangki air tersebut tetap bisa dimanfaatkan untuk tanaman lain.

Memang posisi tangki air di atas ada ruginya, seperti air yang mudah menjadi panas karena sengatan matahari. Tapi hal tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan tangki air yang terbuat dari plastik, bukan stainless steel.

Namun, jika tangki air Anda tidak memungkinkan untuk dipasang di atas, maka letakkan tangki di pojokan taman. Dengan begitu, tangki bisa menjadi bagian dari “hiasan” taman dikala dikelilingi oleh pot-pot tanaman.

Pilih bunga aneka warna

Tips Menghias Taman Belakang Rumah yang Sempit

Taman belum lengkap jika tidak disertai dengan bunga. Agar tampilan taman belakang rumah tidak monoton, jangan lupa untuk memilih bunga dengan berbagai warna. Saat bunga belum bermekaran, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan pot-pot aneka warna. Taman pun tidak monoton hijau dan memberikan kesan asri dan juga indah.

Beri tempat duduk

Tips Menghias Taman Belakang Rumah yang Sempit

Keasrian taman tidak hanya untuk dilihat saja, tapi juga untuk dinikmati. Dengan memberi tempat duduk di taman, Anda pun bisa bersantai menikmati udara segar dari tanaman-tanaman Anda. Jika lahan terlalu sempit, Anda cukup memberi satu kursi saja. Jika luas memungkinkan, setidaknya beri dua kursi lengkap dengan mejanya. Dua kursi tersebut bisa digunakan untuk Anda dan seorang lagi dalam bercengkrama.

Leave a Reply