Tanpa atau dengan Mencuci, Inilah Tips Menghilangkan Bau Asap Rokok pada Baju

Jaman sekarang kayaknya hampir mustahil deh bebas 100% dari bau asap rokok. Berhenti di lampu merah nyetir motor eh disebelah ada yang seenaknya merokok. Duduk dempet naik angkot juga ada aja yang merokok. Banyak perokok Indonesia yang masih kurang paham dengan konsep ruang umum. Tak jarang, kita pun kena imbasnya. Baju yang dipakai bau asap rokok. Padahal baunya jika sudah menempel di baju, pasti akan sulit hilang. Menghilangkan baunya memang tak mudah, namun dengan tips menghilangkan bau asap rokok berikut, setidaknya baunya akan lebih mudah untuk pergi.

Tanpa Mencuci

Angin-Anginkan

Hal yang paling dibutuhkan oleh baju bau asap rokok adalah angin segar. Gantung baju di tempat dengan ventilasi yang baik. Lebih baik lagi, jika kamu menggantungnya di luar di bawah terik sinar matahari.

Semprotan Penghilang Bau

Jika bau asap rokok masih belum menghilang secara sempurna, semprotkan cairan penghilang bau apek pada baju. Kamu pun dapat membuat semprotan anti apek ini sendiri dengan campuran cuka, air, dan 20-30 tetes essential oil atau pewangi pakaian.

Baking Soda

Tips menghilangkan bau asap rokok selanjutnya menggunakan bahan multifungsi yang ada di dapur ini. Selain dapat digunakan sebagai obat sariawan alami, baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau asap rokok yang menempel pada baju. Letakkan baju dalam plastik dengan resleting atau ziplock bag. Pastikan plastik yang digunakan ukurannya lebih besar dari baju. Tambahkan setengah gelas baking soda kemudian tutup plastik rapat-rapat. Kocok plastik sehingga baking soda telah merata di seluruh permukaan baju. Diamkan semalaman agar baking soda dapat menyerap bau dengan sempurna.

Baking Soda atau Soda Kue Punya Manfaat Segudang

Baking Soda atau Soda Kue Punya Manfaat Segudang. Sumber: bukalapak.com

Setelah selesai bersihkan baju dari butiran baking soda. Jika terasa sedikit basah, pastikan kamu mengangin-anginkan baju terlebih dahulu. Cara satu ini cocok sekali jika kamu membuthkan baju yang sama untuk dipakai esok hari. Bau asap rokok dan tak sempat cuci? Lumuri baking soda dan diamkan semalaman.

Steam

Menghilangkan Bau Asap Rokok Menggunakan Steam

Menghilangkan Bau Asap Rokok Menggunakan Steam. Sumber: id.shareharga.info

Steam juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau asap rokok pada baju. Pastikan bahan baju memungkinkan penggunaan steam dengan mengecek instruksi perawatan pada labelnya. Campuran air dan alkohol gosok dengan perbandingan 3:1 juga akan membantu menghilangkan bau.

Dengan Mencuci

Rendam dengan Cuka

Sebelum dicuci, rendam baju dengan cuka. Tampahkan satu gelas cuka bak cucian kemudian isi dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes essential oil favoritmu untuk aroma segar. Rendam baju dalam larutan tersebut selama kurang lebih 30 hingga 60 menit. Setelah selesai, baju pun bisa langsung dicuci.

Pewangi Pakaian

Gunakan Pewangi Pakaian yang Wanginya Awet

Gunakan Pewangi Pakaian yang Wanginya Awet. Sumber: alfacart.com

Tips menghilangkan bau asap rokok satu ini sepertinya tak perlu lagi disarankan. Ingin menghilangkan bau? Gunakan pewangi pakaian! Setelah dicuci, kamu bisa merendamnya selama 15 hingga 30 menit dalam air yang dicampur dengan pewangi pakaian. Pilih produk pewangi dengan aroma yang ekstra tahan lama deperti Downy.

Jus Lemon

Jus lemon segar sudah dikenal menjadi sahabat untuk bersih-bersih, terutama soal baju. Dapat memutihkan baju putih hingga menghilangkan bau tak sedap seperti asap rokok, kamu tinggal menambahkan setengah gelas jus lemon dalam cucianmu. Tentunya jus yang dimaksud tanpa campuran gula dan air. Kebayang gimana nanti cucianmu digerayangi semut!

Alkohol

Alkohol dapat menjadi penghilang bau paling kuat. Selain ampuh menghilangkan bau, penggunaan alkohol pun aman bagi kain material baju. Tuangkan setengah gelas alkohol gosok dalam rendaman cucian.

Dari daftar tips menghilangkan bau asap rokok di atas, mana menurutmu yang paling mudah?

Leave a Reply