Lifehack: Mengupas Bawang Merah Tanpa Harus Menahan Mata Pedih

Hampir semua masakan di Indonesia dibuat dengan menggunakan bawang merah sebagai bumbu utamanya. Akan tetapi, cara mengupas bawang merah yang keliru justru bisa membuat mata pedih. Hal itu disebabkan ketika bawang merah dikupas ataupun dipotong-potong, maka senyawa belerang yang ada di dalamnya bereaksi dengan udara dan berubah menjadi asam sulfenat yang menguap, sehingga membuat mata kamu pedih.

Nah, buat kamu yang ingin mengupas bawang merah tanpa harus menjadi ‘pemain drama’, inilah trik-trik yang bisa kamu lakukan!

Basahi Talenan dan Pisau dengan Perasan Jeruk Nipis

Source: www.theperfectcosmo.com

Source: www.theperfectcosmo.com

Cara mengupas bawang yang pertama adalah dengan membasahi tanenan serta pisau yang akan kamu gunakan dengan air perasan jeruk nipis. Zat asam yang terdapat pada air perasan jeruk nipis tersebut diyakini secara teoritis mampu menetralisir senyawa belerang pada bawang merah. Hal ini tentu akan menghindari kamu mengalami pedih pada bagian mata.

Dinginkan Bawang Merah Sebelum Dikupas dan Dipotong

Source: www.vauzee.com

Source: www.vauzee.com

Selanjutnya, untuk menghindari mata pedih ketika mengupas bawang merah, sangat disarankan agar kamu terlebih dulu mendinginkan bawang merah ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit sebelum dikupas dan dipotong-potong. Senyawa yang terdapat pada bawang merah dalam keadaan dingin cenderung lebih sedikit bereaksi, sehingga air mata tidak akan menetes. Menariknya, cara ini juga bisa mengurangi bau menyengat dari bawang merah, loh!

Letakkan Kipas Angin Dekat Talenan

Source: www.papasemar.com

Source: www.papasemar.com

Meletakkan kipas angin dan mengarahkan aliran udaranya pada talenan merupakan cara mengupas bawang merah yang juga efektif mengurangi risiko mata pedih. Udara yang dikeluarkan oleh kipas angin dapat menyingkirkan senyawa-senyawa bawang merah sehingga tidak sampai masuk ke dalam mata dan menyebabkan pedih.

Menyalakan Lilin di Samping Talenan

cara mengupas bawang merah

Selain kipas angin, kamu juga bisa menyalakan lilin di samping talenan ketika mengupas bawang merah. Gas yang dikeluarkan oleh bawang akan tertarik ke nyala api lilin. Selain itu, udara panas yang keluar dari lilin mampu membakar senyawa penyebab mata pedih yang keluar dari bawang merah saat dikupas maupun dipotong.

Lakukan Aktivitas Mengupas dan Memotong Bawang di Dekat Jendela

Source: www.desainrumahnya.com

Source: www.desainrumahnya.com

Cara mengupas bawang merah terakhir yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari mata pedih adalah dengan melakukan aktivitas mengupas dan memotong di dekat jendela atau bahkan di luar ruangan. Kamu tidak perlu lagi merasa was-was karena senyawa yang ada pada bawang merah akan langsung terurai di udara bebas tanpa harus masuk ke dalam mata dan menyebabkan pedih.

Cara mengupas bawang merah tadi semoga bisa membantu kamu semua supaya tidak lagi harus memainkan drama ketika akan memasak. Buat kamu yang tidak ingin kerepotan, cukup gunakan kacamata atau lensa kontak untuk menciptakan penghalang agar senyawa bawang merah tidak masuk ke dalam mata.

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com