Lifehack: 4 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Ulang, Bikin Rumah Kamu Lebih Hijau

Siapa menyangka kalau ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam ulang?  Menumbuhkan sendiri sayuran di rumah dari sisa-sisa sayuran yang sudah dipakai tentu akan membuat suasana menjadi lebih segar. Selain itu, kamu juga bisa berhemat karena tidak perlu membeli sayuran di pasar. Menjaga lingkungan tetap hijau bisa dimulai dengan cara sederhana ini. Keep clean and go green, guys!

Biar kalian nggak penasaran, cari tahu di sini sayuran apa saja yang bisa kamu tanam ulang setelah dipakai. Let’s see!

Selada

Source: www.kinisehat.com

Source: www.kinisehat.com

Selada adalah jenis sayurang yang dapat dengan mudah ditanam melalui sisa-sisa pemakaiannya. Cukup tempatkan sisa potongan selada yang tidak terpakai ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit air pada bagian bawahnya. Jauhkan mangkok dari sinar matahari langsung, agar selada dapat tumbuh lebih baik.

 

Wortel

wortel-sayuran-yang-bisa-ditanam-ulang

Untuk menanam wortel  sendiri di rumah, cukup rendam potongan bagian atas wortel pada mangkok berisi air. Setelah beberapa hari, tunas dan akar wortel pun akan tumbuh. Nah, saat akar mulai tumbuh kamu bisa memindahkannya ke media tanah dalam pot atau di tanam langsung di tanah.

 

Kentang

Source: www.tempo.co

Source: www.tempo.co

Jenis sayuran yang bisa ditanam ulang selanjutnya adalah kentang. Kamu bisa memotong bagian tunas kentang dan mengeringkannya semalaman. Tanam kentang pada media tanah yang subur, letakkkan mata tunas pada bagian atas. Tunas akan tumbuh dalam waktu beberapa minggu.

 

Tomat

Source: www,alamtani.com

Source: www.alamtani.com

Salah satu sayuran berwarna merah ini juga bisa kamu tanam ulang, loh! Caranya adalah dengan menyisihkan sebagian biji tomat yang telah dipakai, kemudian cuci dan keringkan. Setelah itu, kamu bisa menanamnya di pot dengan menggunakan media tanam yang subur. Pastikan kamu meletakkan pot di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari, ya.

 

Mulai sekarang sisa-sisa sayuran yang tidak terpakai jangan langsung dibuang, ya! Kamu bisa memanfaatkannya untuk ditanam kembali. Lumayan, kan, bisa menghemat uang juga membuat udara di rumah lebih segar karena banyak tanaman yang tumbuh. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kalian semua, ya.

Comments

comments

Ihyak Yayak
yayak.picodio@gmail.com